Pengaruh Pemberian Ulangan Harian Terhadap Hasil Belajar Fisika Ditinjau Dari Minat Belajar Siswa

Popi Purwanti, Sri Mayanty

Abstract


Pelaksanaan proses belajar mengajar guru harus memperhatikan faktor-faktor yang mempengaruhi belajar siswa baik faktor internal (dari dalam) diri siswa dan faktor eksternal (dari luar) diri siswa karena faktor-faktor tersebut akan berdampak pada hasil belajar siswa. Menurun atau tidaknya hasil nilai ulangan harian siswa berkaitan erat dengan minat belajar siswa. Penelitian ini untuk mengetahui interaksi pemberian ulangan harian dan minat belajar siswa terhadap hasil belajar fisika. Dilaksanakan di SMK Gema Kasa Bekasi, menggunakan metode eksperimen dengan desain faktorial 2x2 teknik simple random sampling. Berdasarkan dari hasil pengujian hipotesis penelitian dan analisis pengolahan data adalah tidak terdapat pengaruh yang signifikan antara pemberian ulangan harian dan minat belajar siswa terhadap hasil belajar fisika. Hal ini diperoleh dari nilai Fhitung = 0,003 < Ftabel = 2,845 pada tingkat taraf signifikan 5%. Hasil penelitian menunjukkan bahwa secara umum pemberian ulangan harian sering memberikan kontribusi perolehan hasil belajar fisika pada pokok bahasan getaran, gelombang, dan bunyi yang lebih baik dibandingkan dengan yang jarang diberi ulangan harian. Dengan demikian, maka dalam implikasi upaya peningkatan hasil belajar fisika, hendaknya guru perlu menerapkan konsep pembelajaran yang lebih baik lagi khususnya pada sekolah menengah kejuruan.

Full Text:

PDF

References


Arikunto, S. (2011). Prosedur Penelitian: Suatu Pendekatan Praktik (Edisi Revisi). Jakarta: 2011.

Dalyono, M. (2007). Psikologi Pendidikan. Jakarta: PT. Rineka Cipta.

Dasmo. (2010). Pengaruh Sikap Mahasiswa Pada Fisika dan Motivasi Belajar. UNINDRA PGRI, Vol 3 No.2 Juni.

Djamarah, S. B. (2010). Strategi Belajar Mengajar. Jakarta: PT. Rineka Cipta.

Firmansyah, D. (2015). Pengaruh Strategi Belajar dan Minat Belajar Terhadap Hasil Belajar Matematika. Jurnal Pendidikan UNSIKA, 34-44.

Gultom, A. (2015). Pengaruh Pemberian Evaluasi Ulangan Harian Terhadap Peningkatan Prestasi Belajar Ekonomi. Jurnal Cakrawala Pendidikan, 187-193.

Rizky Meuthia Karina, A. S. (2017). Hubungan Antara Minat Belajar dengan Hasil Belajar Siswa dalam Mata Pelajaran IPA Pada Kelas V SD Negeri Garot Geuceu Aceh Besar. Jurnal Ilmiah Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 61-77.

Slameto. (2010). Belajar Dan Faktor-Faktor Yang Mempengaruhinya. Jakarta: PT Rineka Cipta.

Supardi. (2012). Aplikasi Statistika Dalam Penelitian. Jakarta: Ufuk Press.

Suseno, I. (2013). Pengantar Statistik untuk Penelitian Pendidikan. Jakarta: Unindra Press.

Z.M, T. (2010). Minat Belajar Mahasiswa TI Studi Kasus Di Program Studi TI. UNINDRA PGRI, Vol 3 No.4 Desember.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Faculty of Mathematics and Sciences
Universitas Indraprasta PGRI

Address: Jl. Raya Tengah No. 80, Kel. Gedong, Kec. Pasar Rebo, Jakarta Timur 13760 , Jakarta, Indonesia. 
Phone: +62 (021) 7818718 – 78835283 | Close in sunday and public holidays in Indonesia
Work Hours: 09.00 AM – 08.00 PM
Best hours to visit: From 9 am to 11 am or after 3 pm. The busiest times are between 11 am and 3 pm. 

Creative Commons License
Prosiding Seminar Nasional Sains 2020 is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License