Pemanfaatan Sofware OBS Terintegrasi GoogleSlide dalam Digital Learning di Era Pandemi

Sri Endang Wahyuni, Didik Nur Huda, Puji Suharmanto

Abstract


Covid-19 menyebabkan seluruh pelajar belajar dari rumah atau secara daring. Kondisi inilah yang semakin menuntut guru untuk berlaku inovatif dan kreatif dalam digital learning di era pandemi. Berdasarkan analisis situasi, Guru-guru anggota MGMP Fisika Kab. Lebak, Prov. Banten, membutuhkan pelatihan pembuatan bahan ajar kolaboratif teknologi dalam kondisi pembelajaran jarak jauh dan minim interaksi tatap muka antara guru dengan murid. Oleh karena itu Tim Abdimas melaksanakan program yang bertujuan untuk meningkatkan kemampuan guru dalam menyusun, mengolah dan memanfaatkan software OBS (Open Broadcaster Software) terintegrasi GoogleSlide  menjadi video pembelajaran fisika. Metode yang digunakan dalam pelaksanaan program ini yaitu pelatihan, diskusi dan pendampingan. Berdasarkan hasil angket, setelah 5 hari peserta mengikuti pelatihan kemampuan dan pengetahuan guru meningkat sebesar 87% dan adanya respon positif dalam membuat video pembelajaran menggunakan OBS terintegrasi Google Slide. Pelatihan ini diharapkan dapat meningkatkan kemampuan guru MGMP Fisika Kab. Lebak,Prov Banten dalam melaksanakan proses belajar mengajar mata pelajaran fisika di era pandemi.


Full Text:

PDF

References


Agusta, M. K., & dkk. (2020). Panduan Pembuatan Video Ajar. Yogyakarta

Agustiningsih, A. (2015). Video Sebagai Alternatif Media Pembelajaran Dalam Rangka Mendukung Keberhasilan Penerapan Kurikulum 2013 di Sekolah Dasar. PEDAGOGIA: Jurnal Pendidikan, 4(1), 50. Retrieved from https://doi.org/10.21070/pedagogia.v4i1.72

Anggraini, P., Sularno, S., & Mulya, D. P. (2021). Optimasi Penggunaan Stream Labs Untuk Penunjang Pembuatan Materi Daring Dosen Prodi Sistem Informasi Unidha. Jurnal Teknologi Dan Sistem Informasi Bisnis, 3(1), 185–191. Retrieved from https://doi.org/10.47233/jteksis.v3i1.206

Anshori, F. Al, & Syam, S. (2018). Pengaruh Penggunaan Aplikasi Google Slide Terhadap Minat Bertanya Mahasiswa Pendidikan Biologi. Jurnal Pendidikan Biologi, 3(2).

Ekawardhana, N. E. (2020). Efektivitas Pembelajaran dengan Menggunakan Media Video Conference. Prosiding Seminar Nasional Dan Ilmu Terapan, 4(Vol 4 No 1 (2020)), 1–7.

Hafizah, S. (2020). Penggunaan Dan Pengembangan Video Dalam Pembelajaran Fisika. Jurnal Pendidikan Fisika, 8(2), 225. Retrieved from https://doi.org/10.24127/jpf.v8i2.2656

Hasibuan, M.S., I. (2020). Tutorial OBS untuk Streaming Video. Yogyakarta. Retrieved from https://www.researchgate.net/publication/340535929

Nuzuliana, A. H., Bakri, F., & Budi, E. (2015). Pengembangan Video Pembelajaran Fisika pada Materi Fluida Statis di SMA. Prosiding Seminar Nasional Fisika, IV(October 2015), 27–32.

Pangestu, R. D., Mayub, A., & Rohadi, N. (2018). Pengembangan Desain Media Pembelajaran Fisika SMA Berbasis Video pada Materi Gelombang Bunyi. Jurnal Kumparan Fisika, 1(1), 48–55. Retrieved from https://doi.org/10.33369/jkf.1.1.48-55

Rismayanti, K. S. S. (2020). Cara Mudah Membuat Presentasi Interaktif Menggunakan Google Slides. Jurnal Prioritas : Jurnal Pengabdian Masyarakat, 2(2), 41–45.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Faculty of Mathematics and Sciences
Universitas Indraprasta PGRI

Address: Jl. Raya Tengah No. 80, Kel. Gedong, Kec. Pasar Rebo, Jakarta Timur 13760 , Jakarta, Indonesia. 
Phone: +62 (021) 7818718 – 78835283 | Close in sunday and public holidays in Indonesia
Work Hours: 09.00 AM – 08.00 PM
Best hours to visit: From 9 am to 11 am or after 3 pm. The busiest times are between 11 am and 3 pm. 

Creative Commons License
Prosiding Seminar Nasional Sains 2020 is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License