Kajian Etnofisika Pada Tari Piring Sebagai Media Pembelajaran Fisika
Abstract
Materi gerak merupakan materi yang kompleks dan banyak diaplikasikan dalam kehidupan sehari-hari. Namun sebagian siswa tidak menyukai mata pelajaran Fisika khususnya pada materi gerak dikarenakan terdapat banyak persamaan fisika yang membuat siswa jenuh untuk menghafal. Oleh karena itu perlu adanya strategi menampilkan materi fisika agar nyaman dan disukai oleh siswa. Salah satunya dengan dihubungkan ke dalam seni budaya tari. Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji budaya tarian didaerah Sumatera Barat yaitu tari piring yang dapat dijadikan sebagai media pembelajaran Fisika. Budaya tari tarian di Indonesia yang sangat beraneka raga dapat direduksi dan dipadukan sebagai media pembelajaran di sekolah. Metode penelitian yang dilakukan adalah kualitatif deskriptif dengan teknik pengambilan data melalui observasi, angket dan wawancara. Data yang diperoleh kemudian dianalisis, diverifikasi, dan direduksi kemudian dikontruski ke pengetahuan ilmiah dan diintepretasikan ke konsep fisika pada pembelajaran fisika kelas X SMA. Hasil penelitian menunjukkan bahwa tari piring dapat digunakan sebagai media pembelajaran fisika pada materi gerak. Gerakan pada tari piring yang ditunjukkan dengan membawa piring di sebuah telapak tangan dengan menari-nari tetap akan stabil karena sesuai dengan prinsip gerak Newton.
Full Text:
PDFReferences
Anggeraeni, R. W., Rahmawati, Y., Febriyana, M. M., & Astuti, I. A. D. (2021). FINOT PHYSTOOL (Find Out Physics Tools) sebagai Media Pengenalan Alat-Alat Praktikum Fisika Berbasis Aplikasi Game Android. Journal of Learning and Instructional Studies, 1(1), 1-8.
Arlen, S. R., Astuti, I. A. D., Fatahillah, F., & Purwanti, P. (2020). Pengaruh Media Pembelajaran Fisika Menggunakan Aplikasi Appypie Terhadap Hasil Belajar Fisika Siswa di SMK. Schrodinger Jurnal Ilmiah Mahasiswa Pendidikan Fisika, 1(1), 44-49.
Astuti, I. A. D., Dewati, M., Okyranida, I. Y., & Sumarni, R. A. (2019). Pengembangan media smart powerpoint berbasis animasi dalam pembelajaran fisika. Navigation Physics: Journal of Physics Education, 1(1), 12-17.
Atmojo, S. E. (2012). Profil keterampilan proses sains dan apresiasi siswa terhadap profesi pengrajin tempe dalam pembelajaran ipa berpendekatan etnosains. Jurnal Pendidikan IPA Indonesia, 1(2).
Citrawati, A. A. I. A. (2017). Estetika Tari Piring Lampu Togok Di Desa Gurun Bagan Kelurahan VI Suku Solok Sumatera Barat. Garak Jo Garik: Jurnal Pengkajian dan Penciptaan Seni, 12(2).
Har, E. (2013). Karakter Budaya Sains Asli dan Karakter Budaya Sains Modern pada Pelajar Sekolah Menengah Atas di Smuatera Barat, Indonesia. Jurnal Pendidikan Sains Sosial dan Kemanusiaan, 13-26.
Damayanti, C., Rusilowati, A., & Linuwih, S. (2017). Pengembangan model pembelajaran IPA terintegrasi etnosains untuk meningkatkan hasil belajar dan kemampuan berpikir kreatif. Journal of Innovative Science Education, 6(1), 116-128.
Hadi, W. P., & Ahied, M. (2017). Kajian etnosains Madura dalam proses produksi garam sebagai media pembelajaran IPA Terpadu. Rekayasa, 10(2), 79-86.
Ningsih, G. M. T., Dewati, M., & Alamsyah, M. (2020). Pengembangan Lembar Kerja Siswa Berbasis Inkuiri Terbimbing Pada Pokok Bahasan Gerak Pada Benda. Schrodinger Jurnal Ilmiah Mahasiswa Pendidikan Fisika, 1(2), 69-87.
Nofitri, M. (2015). Bentuk Penyajian Tari Piring Di Daerah Guguak Pariangan Kabupaten Tanah Datar. Ekspresi Seni: Jurnal Ilmu Pengetahuan dan Karya Seni, 17(1), 115-128.
Novitasari, L., Agustina, P. A., Sukesti, R., Nazri, M. F., & Handhika, J. (2017). Fisika, etnosains, dan kearifan lokal dalam pembelajaran sains. In Prosiding SNPF (Seminar Nasional Pendidikan Fisika), 81-88.
Prasetyo, Z. K. (2013). Pembelajaran Sains Berbasis Kearifan Lokal. Seminar Nasional Fisika dan Pendidikan Fisika, 4, hal. 2332. Surakarta. Diakses tanggal 20 Mei 2021 http://jurnal.fkip.uns.ac.id/index.php/prosfis1/article/view/3316/2332
Purwadi. (2005). Upacara Tradisional Jawa. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
Santana, F. D. T., & Zahro, I. F. (2019). Model Pembelajaran Tari Nusantara: Sebuah Contoh Kreativitas Model Tari Piring Bagi Guru PAUD. JURNAL AUDI: Jurnal Ilmiah Kajian Ilmu Anak dan Media Informasi PAUD, 4(1), 63-72.
Santoso, A. T., & Wimbrayardi, W. (2019). Analisis Tari Piring Kreasi Sanggar Syofyani dalam Studi Kasus Musik Iringan Tari. Jurnal Sendratasik, 8(1), 18-24.
Siagian, H., & Siboro, A. (2014). Perbedaan Hasil Belajar Siswa yang Diajar Dengan Pendekatan Sains Teknologi Masyarakat dan Pendekatan Konvensional pada Materi Pokok Kalor dan Perpindahan. Jurnal Penelitian Bidang Pendidikan, 20(01), 22-29.
Suastra, I. W. (2010). Model Pembelajaran Sains Berbasis Budaya Lokal Untuk Mengembangkan Potensi Dasar Sains dan Nilai Kearifan Lokal di SMP. Jurnal Pendidikan dan Pengajaran, 43(1).
Sudarmin, Febu, R., Nuswowati, M., & Sumarni, W. (2017). Development of Ethnoscience Approach in The Module Theme Substance Additives to Improve the Cognitive Learning Outcome and Student's Entrepreneurship. Journal of Physics: Conferebce Series, 824(1). doi:10.1088/1742-6596/824/1/012024.
Yosua, R., Fauzan, A., Kistiani, K., & Astuti, I. A. D. (2019). Aplikasi KALFIS (Kalkulator Fisika) berbasis matlab untuk membantu analisis eksperimen fisika. Navigation Physics: Journal of Physics Education, 1(2), 59-62.
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Faculty of Mathematics and Sciences Universitas Indraprasta PGRI Address: Jl. Raya Tengah No. 80, Kel. Gedong, Kec. Pasar Rebo, Jakarta Timur 13760 , Jakarta, Indonesia. |
Prosiding Seminar Nasional Sains 2020 is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License. |