Flipbook E-LKPD dengan Pendekatan Etnomatematika pada Materi Teorema Phytagoras

Sita Wahyu Apriliyani, Fauzi Mulyatna

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan lembar kerja peserta didik berbentuk elektronik (E-LKPD) dengan pendekatan etnomatematika pada materi teorema phytagoras. Penelitian pengembangan ini dilakukan di SMP Negeri 4 Playen. Penelitian ini menggunakan metode research and development dengan model ADDIE (Analysis, Design, Development, Implementation and Evaluation).Berdasarkan hasil wawancara dengan guru dan peserta didik, lembar kerja peserta didik berbentuk elektronik dengan pendekatan etnomatematika lebih memudahkan peserta didik untuk belajar dan lebih membangkitkan minat peserta didik dalam belajar. Lembar kerja peserta didik elektronik dengan pendekatan etnomatematika ini dapat memfasilitasi guru dan orang tua untuk kegiatan belajar peserta didik dimanapun dan kapanpun.

Full Text:

PDF

References


Adli, S. (2020). Pengembangan E-LKPD Berbasis Kvisoft Flipbook Maker pada Pembelajaran Sejarah Materi Kolonialisme dan Imperalisme Kelas XI SMA Negeri 11Muaro ambi. Universitas Jambi: Skripsi, Program Studi Pendidikan Sejarah. Retrived from https://repository.unja.ac.id/16010/2/BAB%20II%20revisi%20pra%20sidang.pdf

Afiani, N. (2016). Pengaruh Kemampuan Komunikasi Matematis dan Kemandirian Belajar terhadap Prestasi Belajar Matematika, Jurnal Kajian Penelitian Matematika Universitas Indraprasta PGRI, 2(1), 1-13. Retrived from https://journal.lppmunindra.ac.id/index.php/jkpm/article/view/1844/1446

Amir, A. (2014). Pembelajaran Matematika SD dengan Menggunakan Media Manipulatif. Forum Pedagogik. 6(01). Retrived from http://jurnal.iain-padangsidimpuan.ac.id/index.php/JP/article/download/166/148

Aprilyani. N., Hakim, A. R. (2020) Pengaruh Pembelajaran Assurance, Relevance, Interest, Assesment, Satisfaction Berbantuan Etnomatematika terhadap Kemampuan Pemmecahan Masalah. Jurnal Nasioanal Pendidikan Matematika, 4(1), 61-74. Retrived from http://jurnal.ugj.ac.id/index.php/JNPM/article/viewFile/2549/1707

Falahudin, I. (2014). Pemanfaatan Media dalam Pembelajaran. Jurnal Lingkar Widyaiswara, 1(4), 104-117. Retrived from https://juliwi.com/published/E0104/Paper0104_104-117.pdf

Fitriyah, D. N., Santoso, H., Suryadinata, N. (2018). Bahan Ajar Transformasi Geometri Berbasis Discovery Learning melalui Pendekatan Etnomatematika. Jurnal Elemen, 4(2), 145-158. Retrived from https://core.ac.uk/download/pdf/229259173.pdf

Khusna, H., Ulfa, U. (2021). Kemampuan Permodelan Matematis dalam Menyelesaikan Soal Matematika Kontekstual. Mosharafa: Jurnal Pendidikan Matematika, 10 (1), 153-164. Retrived from https://journal.institutpendidikan.ac.id/index.php/mosharafa/article/viewFile/mv10n14/702

Lailiah, I., Wardani, S., Sudarmin, Sutanto, E. (2021). Kognitif Peserta didik Pada Materi Redoks dan Tata Nama Senyawa Kimia. Jurnal Inovasi Pendidikan Kimia. 15(1), 2792-2801. Retrived from https://journal.unnes.ac.id/nju/index.php/JIPK/article/viewFile/26204/11304

Mulyadi, D. U., Wahyuni, S., Handayani, R. D. (2016) Pengembangan Media Flipbook untuk Meningkatkan Keterampilan Berfikir Kreatif Peserta didik dalam Pembelajaran IPA di SMP. Jurnal Pembelajaran Fisika. 4(4), 296-302. Retrived from https://jurnal.unej.ac.id/index.php/JPF/article/download/2728/2202

Nadiyah, S., Wijaya, F. Y., Hakim, A. R. (2019) Design Komik Strip Matematika pada Materi Statistika untuk Kelas VI Tingkat Sekolah Dasar. Jurnal Kajian Penelitian Matematika Universitas Indraprasta PGRI, 4 (2), 135-146. Retrived from https://journal.lppmunindra.ac.id/index.php/jkpm/article/download/3870/2531

Puspita, V., Dewi P. (2021). Efektifitas E-LKPD Berbasis Pendekatan Investigasi terhadap Kemampuan Berfikir Kritis Peserta didik Sekolah Dasar. Jurnal Cendekia: Jurnal Pendidikan Matematika. 5(1), 86-96. Retrived from https://www.j-cup.org/index.php/cendekia/article/download/456/243

Putri, L. I. (2017). Eksplorasi Etnomatematika Kesenian Rebana Sebagai Sumber Belajar Matematika pada Jenjang MI. Journal Ilmiah Pendidikan Dasar. 4, 21-20.

Riskiawan, H. Y., Setyohadi D. P., Arifianto A. S. (2016). Pelatihan Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Multimedia Untuk Meningkatkan Kualitas dan Kreativitas Guru SMA. J-Dinamika: Jurnal Pengabdian Masyarakat, 1(1). Retrived from https://publikasi.polije.ac.id/index.php/j-dinamika/article/download/134/130


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Faculty of Mathematics and Sciences
Universitas Indraprasta PGRI

Address: Jl. Raya Tengah No. 80, Kel. Gedong, Kec. Pasar Rebo, Jakarta Timur 13760 , Jakarta, Indonesia. 
Phone: +62 (021) 7818718 – 78835283 | Close in sunday and public holidays in Indonesia
Work Hours: 09.00 AM – 08.00 PM
Best hours to visit: From 9 am to 11 am or after 3 pm. The busiest times are between 11 am and 3 pm. 

Creative Commons License
Prosiding Seminar Nasional Sains 2020 is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License