Penerapan Model Pembelajaran Problem Based Instruction (PBI) untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa
Abstract
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh Rendahnya hasil belajar Matematika siswa khususnya pada materi pecahan, disebabkan masih banyak siswa kurang memperhatikan guru dalam proses pembelajaran, model pembelajaran yang digunakan di sekolah masih bersifat konvensional dan kurang bervariasi. Sehingga membuat siswa tidak termotivasi dan kurang aktif dalam belajar. Tujuan penelitian ini adalah meningkatan hasil belajar matematika siswa kelas VB SD Negeri 200411 Palopat Maria dengan menerapkan model pembelajaran Problem Based Instruction (PBI) pada pokok bahasan pecahan.Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas menggunakan model Kurt Lewin yang terdiri dari dua Siklus setiap Siklus terdiri atas empat langkah, yaitu: perencanaan, tindakan, observasi, dan refleksi. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa hipotesis tindakan diterima. Hal ini dapat dilihat dari nilai rata-rata persentase hasil belajar Matematika, pada Pra Siklus persentase ketuntasan belajar siswa diperoleh 31,57% dan pada Siklus I Pertemuan ke 1 dan 2 diperoleh persentase ketuntasan klasikal hasil belajar Matematika siswa secara berturut-turut sebesar 36,84% dan 57,89%. Sedangkan pada Siklus II, memperoleh hasil 68,42% dan 84,21%. Hasil penelitian tersebut telah mencapai harapan dalam penelitian ini.
Full Text:
PDFReferences
Afandi Muhammad, dkk., (2013). Model dan Metode Pembelajaran di Sekolah, Semarang: Unissula Press.
Dalyono. (2012). Psikologi Pendidikan, Jakarta: Rineka Cipta.
Istarani. (2014). 58 Model Pembelajaran inovatif, Medan: Media Persada.
Kusuma Wijaya & Dwitagama. (2010). Mengenal Penelitian Tindakan Kelas, Jakarta: PT.Indeks.
Sabri Ahmad. (2010). Srategi Belajar Mengajar, Ciputat: Quantum Teaching.
Stroud K.A. (2010). Matematika Teknik, Jakarta: PT. Glora Aksara.
Siregar, Eveline. (2010). Teori Belajar dan Pembelajaran, Jakarta: Ghalia Indonesia.
Susanto Ahmad. (2013). Teori Belajar & pembelajaran di Sekolah Dasar, Jakarta: Prenadamedia.
Syaodih Sukmadinata Nana. (2016). Perkembangan kurikulum Teori dan praktek, Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.
Usman Moh Uzer. (2013). Menjadi Guru Profesional, Banung: Remaja Rosdakarya.
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Faculty of Mathematics and Sciences Universitas Indraprasta PGRI Address: Jl. Raya Tengah No. 80, Kel. Gedong, Kec. Pasar Rebo, Jakarta Timur 13760 , Jakarta, Indonesia. |
Prosiding Seminar Nasional Sains 2020 is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License. |