Hasil Belajar Matematika Menggunakan Media Cabri 2D Ditinjau dari Motivasi dan Minat Belajar

Purni Munah Hartuti, Rini Widia Putri Z

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis peran motivasi belajar dan minat belajar siswa terhadap hasil belajar matematika materi bidang datar selama diajarkan dengan mengunakan media pembelajaran Cabri 2 D. Penelitian dilakukan di SMP PGRI 1 Cibinong dengan populasi semua kelas 7 dan sebagai sampel adalah kelas 7.2. Pada kelas 7.2 untuk materi bangun datar sudah menggunakan sebuah media pembelajaran Cabri 2 D dengan metode ceramah. Variabel penelitian adalah motivasi belajar, minat belajar dan hasil belajar matematika materi bidang datar. Peneliti membagikan angket berisi butir-butir pertanyaan terkait motivasi belajar  siswa dan minat belajar siswa pada materi bangun datar. Metode penelitian yang digunakan adalah metode survei dengan menggunakan teknik korelasi dan regresi ganda dengan bantuan program SPSS. Setelah penulis menganalisis semua variabel dapat disimpulkan bahwa motivasi belajar dan minat belajar secara bersama-sama memberikan peran terhadap hasil belajar matematika materi bidang datar sebesar 87,6 %. Artinya 87,6 % hasil belajar matematika materi bidang datar dapat dijelaskan oleh variabel motivasi belajar dan minat belajar belajar siswa  secara bersama-sama

Full Text:

PDF

References


Abramovich, S., Grinshpan, A. Z., & Milligan, D. L. (2019). Teaching Mathematics through Concept Motivation and Action Learning. Education Research International, 2019. https://doi.org/10.1155/2019/3745406

Astutik, H. S. (2017). Keefektifan Pembelajaran Berdasarkan Masalah pada Bangun Ruang Sisi Datar Ditinjau dari Penguasaan SK, Motivasi, dan Minat Siswa SMP. Jurnal Riset Pendidikan Matematika, 1, 56–66. http://journal.uny.ac.id/index.php/jrpm

Bakar, R. (2014). International Journal of Asian Social Science THE EFFECT OF LEARNING MOTIVATION ON STUDENT ’ S PRODUCTIVE COMPETENCIES IN VOCATIONAL HIGH SCHOOL , WEST SUMATRA. International Journal of Asian Science, 4(6), 722–732.

Biggs, J. (1999). What the student does: Teaching for enhanced learning. International Journal of Phytoremediation, 21(1), 57–75. https://doi.org/10.1080/0729436990180105

Cucuk Tri Pamungkas, Baiduri, S. I. (2018). The Analysis of Motivation and Mathematics Learning Interest of Students in Madrasah Tsanawiyah. Mathematics Education Journals, 2, 137–142. http://ejournal.umm.ac.id/index.php/MEJ

Daher, W. (2020). Students’ positioning and emotions in learning geometric definition. Journal on Mathematics Education, 11(1), 111–134. https://doi.org/10.22342/jme.11.1.9057.111-134

Flora Siagian, R. E. (2015). Pengaruh Minat dan Kebiasaan Belajar Siswa terhadap Prestasi Belajar Matematika. Formatif: Jurnal Ilmiah Pendidikan MIPA, 2(2), 122–131. https://doi.org/10.30998/formatif.v2i2.93

Fuqoha, A. A. N., Budiyono, B., & Indriati, D. (2018). Motivation in Mathematics Learning. Pancaran Pendidikan, 7(1). https://doi.org/10.25037/pancaran.v7i1.151

Gusniwati, M. (2015). PENGARUH KECERDASAN EMOSIONAL DAN MINAT BELAJAR TERHADAP PENGUASAAN KONSEP MATEMATIKA SISWA SMAN DI KECAMATAN KEBON JERUK. Formatif: Jurnal Ilmiah Pendidikan MIPA, 5(1), 26–41.

https://doi.org/10.30998/formatif.v5i1.165

Hartuti et al. (2021). PENGARUH MEDIA PEMBELAJARAN CABRI 2D DAN MOTIVASI TERHADAP HASIL BELAJAR MATEMATIKA MATERI BIDANG DATAR. prosiding semnasristek, 5(1)29–35. http://www.proceeding.unindra.ac.id/index.php/semnasristek/article/view/4792/769.

Hartuti, P. M., & Putri Z, R. W. (2020). Hasil Belajar Matematika Materi Bidang Datar Menggunakan Media Pembelajaran Cabri II D. SAP (Susunan Artikel Pendidikan), 5(2), 162–168. https://doi.org/10.30998/sap.v5i2.7537

Heriyati. (2017). PENGARUH MINAT DAN MOTIVASI BELAJAR TERHADAP PRESTASI BELAJAR MATEMATIKA. Formatif, 1, 22–32. https://journal.lppmunindra.ac.id/index.php/Formatif/article/view/1383/1449

Kariadinata, R. (2007). Desain dan Pengembangan Perangkat Lunak (Software) Pembelajaran Matematika Berbasis Multimedia. Jurnal Pendidikan Dan Kebudayaan, 13, 1055–1080.

Novita D. (2017). PENGARUH MOTIVASI BELAJAR DAN KEMAMPUAN NUMERIK TERHADAP PRESTASI BELAJAR AKUNTANSI. SAP (Susunan Artikel Pendidikan, 2(1), 43–52. http://dx.doi.org/10.30998/sap.v2i1.1251

Nurwijayanti, A., Budiyono, & Fitriana, L. (2019). Combining google sketchup and ispring suite 8: A breakthrough to develop geometry learning media. Journal on Mathematics Education, 10(1), 103–115. https://doi.org/10.22342/jme.10.1.5380.103-116

Özerem, A. (2012). Misconceptions in Geometry and Suggested Solutions. International Journal of New Trends in Arts, Sports & Science Education -, 1(4), 23–35.

Sulistiyarini, D., & Sukardi, S. (2016). the Influence of Motivation, Learning Styles, Teacher Leadership, and Teaching Intensity on Students’ Leaning Outcomes. Jurnal Pendidikan Teknologi Dan Kejuruan, 23(2), 136. https://doi.org/10.21831/jptk.v23i2.12296

Triarisanti, R., & Purnawarman, P. (2019). the Influence of Interest and Motivation on College Students’ Language and Art Appreciation Learning Outcomes. International Journal of Education, 11(2), 130. https://doi.org/10.17509/ije.v11i2.14745

Widodo, S., & Wahyudin. (2018). Selection of Learning Media Mathematics for Junior School Students. Turkish Online Journal of Educational Technology - TOJET, 17(1), 154–160.

Yildiz, C., Güven, B., & Koparan, T. (2010). Use of Cabri 2D software in drawing height, perpendicular bisector and diagonal. Procedia - Social and Behavioral Sciences, 2(2), 2040–2045. https://doi.org/10.1016/j.sbspro.2010.03.278


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Faculty of Mathematics and Sciences
Universitas Indraprasta PGRI

Address: Jl. Raya Tengah No. 80, Kel. Gedong, Kec. Pasar Rebo, Jakarta Timur 13760 , Jakarta, Indonesia. 
Phone: +62 (021) 7818718 – 78835283 | Close in sunday and public holidays in Indonesia
Work Hours: 09.00 AM – 08.00 PM
Best hours to visit: From 9 am to 11 am or after 3 pm. The busiest times are between 11 am and 3 pm. 

Creative Commons License
Prosiding Seminar Nasional Sains 2020 is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License