Tingkat Kelayakan Modul Pembelajaran Terintegrasi Multimedia pada Materi Elastisitas dan Hukum Hooke

Refa Tri Ustati, Dandan Luhur Saraswati, Endang Suhendar

Abstract


Fisika merupakan ilmu yang mempelajari fenomena alam, dengan pembelajaran daring, peserta didik lebih merasa kesulitan dalam belajar fisika. Berdasarkan analisis kebutuhan awal pada beberapa SMA di Kabupaten Bogor, 50% peserta didik kelas XI menyatakan bahwa media pembelajaran di sekolah hanya menggunakan buku teks. Sehingga, peserta didik sangat mengharapkan adanya media pembelajaran yang bervariasi agar pembelajaran lebih menyenangkan. Sebab itu, peneliti melakukan pengembangan berupa modul pembelajaran terintegrasi multimedia yang terhubung dengan Website dan Youtube. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kelayakan dan respon peserta didik terhadap modul pembelajaran terintegrasi multimedia berbasis inkuiri terbimbing pada materi elastisitas dan hukum Hooke. Metode penelitian yang digunakan adalah R&D dengan model Borg and Gall yang memiliki 10 tahapan penelitian. Instrumen penelitian ini adalah analisis awal, validasi ahli materi, media dan praktisi pendidikan. Namun, penelitian ini hanya dilakukan sampai dengan uji validasi untuk mengetahui kelayakan dengan pengambilan data melalui kuesioner. Berdasarkan hasil uji validasi, produk yang dikembangkan dinyatakan layak. Hasil uji kelayakan seluruh ahli diperoleh rata-rata 88,3% dengan kategori layak.

References


Chusni, M. M., Zakwandi, R., Ariandini, S., Aulia, M. R., Nurfauzan, M. F., & A Azmi, T. (2018). Appy Pie Untuk Edukasi_Rancang Bangun Media Pembelajaran Berbasis Android.

Hafizah, S. (2020). Penggunaan dan Pengembangan Video dalam Pembelajaran Fisika. Jurnal Pendidikan Fisika, 8(2), 225-240.

Hanna, D., Sutarto, S., & Harijanto, A. (2017). Model Pembelajaran Tema Konsep Disertai Media Gambar Pada Pembelajaran Fisika di SMA. Jurnal Pembelajaran Fisika, 5(1), 23-29.

Harjilah, N., Medriati, R., & Hamdani, D. (2019). Pengaruh Model Inkuiri Terbimbing Terhadap Keterampilan Berpikir Kritis Pada Mata Pelajaran Fisika. Jurnal Kumparan Fisika, 2(2 Agustus), 79-84.

Parasayu, A., & Rohman, A. (2014). Analisis faktor-faktor yang mempengaruhi kualitas hasil audit internal (studi persepsi aparat intern pemerintah kota surakarta dan kabupaten boyolali). Diponegoro Journal of Accounting, 3(2), 165-174.

Rematha, F., Sudirman, S., & Saraswati, D. L. (2020). Desain Media Pembelajaran Fisika Berbasis Web Blog Pada Materi Translasi Dan Rotasi Kelas X SMK Bunda Auni Bekasi. Schrodinger Jurnal Ilmiah Mahasiswa Pendidikan Fisika, 1(2), 119-126.

Santhalia, P. W., & Sampebatu, E. C. (2020). Pengembangan multimedia interaktif dalam membantu pembelajaran fisika di era COVID-19. Jurnal Inovasi Pendidikan IPA, 6(2), 165-175.

Sefriani, R., & Wijaya, I. (2018). Modul Pembelajaran Multimedia Interaktif Berbasis Adobe Director Pada Mata Pelajaran Sistem Operasi Sekolah Menengah Kejuruan. INTECOMS: Journal of Information Technology and Computer Science, 1(1), 60-71.

Wahyuni, E. (2012). Pengaruh pemanfaatan multimedia dalam pembelajaran fisika terhadap pemerolehan belajar. Jurnal Visi Ilmu Pendidikan, 7(1).

Wulanningsih, S. (2012). Pengaruh model pembelajaran inkuiri terbimbing terhadap keterampilan proses sains ditinjau dari kemampuan akademik siswa SMA Negeri 5 Surakarta.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Faculty of Mathematics and Sciences
Universitas Indraprasta PGRI

Address: Jl. Raya Tengah No. 80, Kel. Gedong, Kec. Pasar Rebo, Jakarta Timur 13760 , Jakarta, Indonesia. 
Phone: +62 (021) 7818718 – 78835283 | Close in sunday and public holidays in Indonesia
Work Hours: 09.00 AM – 08.00 PM
Best hours to visit: From 9 am to 11 am or after 3 pm. The busiest times are between 11 am and 3 pm. 

Creative Commons License
Prosiding Seminar Nasional Sains 2020 is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License