Analisis Kemampuan Penalaran Matematis Siswa Pada Materi Matriks Kelas XI
Abstract
Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kualitatif yang bertujuan untuk menganalisis tingkat kemampuan penalaran siswa pada materi matriks di SMK Mutiara Bangsa Bogor. Teknik sampling yang digunakan yaitu Teknik purposive sampling. Subjek penelitian adalah siswa kelas XI sebanyak 35 orang. Teknik pengumpulan data yang dilakukan yaitu tes, wawancara, dan dokumentasi. Untuk teknik analisis data dalam penelitian ini yaitu reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Sedangkan, untuk pemeriksaan keabsahan data dari penelitian ini yaitu menggunakan teknik triangulasi. Secara keseluruhan hasil dari penelitian ini diperoleh rerata 53,85 dengan kemampuan penalaran matematis dalam kategori siswa kemampuan tinggi dicapai oleh 5 siswa dengan indikator memperkirakan jawaban, solusi dan kecenderungan; generalisasi, penarikan kesimpulan umum berdasarkan data yang sudah teramati; menggunakan pola hubungan untuk menganalisis situasi, dan menyusun konjektur. Kategori kemampuan penalaran matematis sedang dicapai oleh 22 siswa dengan indikator transduktif, menarik kesimpulan dari suatu kasus atau sifat khusus yang diterapkan pada kasus khusus lainnya. Sedangkan, untuk kategori kemampuan siswa yang rendah terdapat 8 siswa yang memiliki kemampuan rendah dengan indikator memperkirakan jawaban, solusi dan kecenderungan; generalisasi, penarikan kesimpulan umum berdasarkan data yang sudah teramati.
Full Text:
PDF (Bahasa Indonesia)References
Noor, T. (2018). Rumusan tujuan pendidikan nasional pasal 3 undang-undang sistem pendidikan nasional No 20 Tahun 2003. Wahana Karya Ilmiah Pendidikan, 3(01).
Hidayatullah, M. S., Sulianto, J., & Azizah, M. (2019). Analisis Kemampuan Penalaran Ditinjau dari Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis. Thinking Skills and Creativity Journal, 2(2), 93-102. DOI: https://doi.org/10.23887/tscj.v2i2.21198
Izzah, K. H., & Azizah, M. (2019). Analisis kemampuan penalaran siswa dalam pemecahan masalah matematika siswa kelas IV. Indonesian Journal Of Educational Research and Review, 2(2), 210-218. DOI: https://doi.org/10.23887/ijerr.v2i2.17629
Adam, Y., Afandi, A., & Tamrin, M. (2021). Analisis Kemampuan Penalaran
Matematis Siswa Kelas XI-MIA MAN 1 Kota Ternate Dalam Menyelesaikan Masalah Matematika Pada Materi Matriks. Jurnal Pendidikan Guru Matematika, 1(1)
Ario, M. (2016). Analisis kemampuan penalaran matematis siswa SMK setelah mengikuti pembelajaran berbasis masalah. Edu Research, 5(2), 125-134.
Khairani, B. P., & Kartini, K. (2021). Analisis Kesalahan Siswa Kelas XI SMA Pada Materi Matriks. Mosharafa : Jurnal Pendidikan Matematika, 10(3), 505-514.
Sugiyono, Prof., Dr. (2013). Metode Penelitian Kuantitatif,Kualitatif Dan R&D. Bandung : ALFABETA
Adiyanti, C. A., & Aini, I. N. (2020). Analisis Kemampuan Penalaran Matematis Terhadap Materi Persamaan Garis Lurus. Prosiding Sesiomadika, 2(1b).
Muslimin, M., & Sunardi, S. (2019). Analisis kemampuan penalaran matematika siswa sma pada materi geometri ruang. Kreano, Jurnal Matematika Kreatif-Inovatif, 10(2), 171-178. DOI: https://doi.org/10.15294/kreano.v10i2.18323
Linola, D. M., Marsitin, R., & Wulandari, T. C. (2017). Analisis kemampuan penalaran matematis peserta didik dalam menyelesaikan soal cerita di sman 6 malang. Pi: Mathematics Education Journal, 1(1), 27-33. DOI: https://doi.org/10.21067/pmej.v1i1.2003
Muslimin, M., & Sunardi, S. (2019). Analisis kemampuan penalaran matematika siswa sma pada materi geometri ruang. Kreano, Jurnal Matematika Kreatif-Inovatif, 10(2), 171-178. DOI: https://doi.org/10.15294/kreano.v10i2.18323
Oktaviana, V., & Aini, I. N. (2021). Analisis Kemampuan Penalaran Matematis Siswa SMP Pada Materi Aritmatika Sosial. MAJU: Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika, 8(1).
Hidayati, A., & Widodo, S. (2015). Proses penalaran matematis siswa dalam memecahkan masalah matematika pada materi pokok dimensi tiga berdasarkan kemampuan siswa di sma negeri 5 kediri. Repository Publikasi Ilmiah, 131-143.
Saputri, I., Susanti, E., & Aisyah, N. (2017). Kemampuan penalaran matematis siswa menggunakan pendekatan metaphorical thinking pada materi perbandingan kelas VIII di SMPN 1 Indralaya Utara. Jurnal Elemen, 3(1), 15-24.
Merta Jaya, I., M., L., (2020). Metode Penelitian Kuantitatif dan Kualitatif (Teori, Penerapan dan riset nyata). Yogyakarta : Quadrant
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Faculty of Mathematics and Sciences Universitas Indraprasta PGRI Address: Jl. Raya Tengah No. 80, Kel. Gedong, Kec. Pasar Rebo, Jakarta Timur 13760 , Jakarta, Indonesia. |
Prosiding Seminar Nasional Sains 2020 is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License. |