Pengembangan E-Modul Praktikum Virtual Phet Simulation Berbasis Android Pada Materi Listrik Dinamis

Putri Octafianus, Irnin Agustina Dwi Astuti, Dasmo Dasmo

Abstract


Pada mata pelajaran fisika dibutuhkan sebuah kegiatan praktikum untuk meningkatkan keterampilan proses sains siswa. Akan tetapi, dengan adanya proses peralihan pembelajaran jarak jauh menjadi pembelajaran tatap muka menyebabkan keterampilan proses sains siswa menurun dikarenakan kurangnya kegiatan praktikum yang dilakukan pada saat pembelajaran jarak jauh. Dalam kegiatan praktikum dibutuhkan sebuah media pembelajaran dalam bentuk modul praktikum agar kegiatan praktikum dapat berjalan dengan baik dan terarah. Dengan memanfaatkan perkembangan teknologi smartphone, modul dibuat dalam bentuk aplikasi android. Tujuan dari penelitian ini yaitu mengembangkan e-modul praktikum virtual phet simulation berbasis android pada materi listrik dinamis SMA serta mengetahui kelayakan e-modul praktikum virtual phet simulation berbasis android pada materi listrik dinamis SMA. Penelitian ini menggunakan metode penelitian dan pengembangan (Research and Development) dengan model pengembangan ADDIE yang terdiri dari 5 tahapan. Hasil penelitian ini mendapatkan hasil skor rata-rata validasi sebesar 91% oleh ahli media, 95% oleh ahli materi dan 86,5% oleh ahli bahasa. Sehingga diperoleh rata-rata total sebesar 90% dengan kategori sangat baik dan layak digunakan sebagai media pembelajaran.

Full Text:

PDF

References


Ali, F. H. (2019). Pengembangan Panduan Praktikum Fisika Dasar 2 Berbasis Smartphone Android. Skripsi. Universitas Islam Negeri Raden Intan, Lampung.

Anggraeni, Retno Dian & Rudy Kustijono. (2013). Pengembangan Media Animasi Fisika Pada Materi Cahaya Dengan Aplikasi Flash Berbasis Android . Jurnal Pendidikan Fisika Dan Aplikasinya (JPFA) Vol 3 No 1, Juni 2013. ISSN: 2087-9946.

Arlen, S. R., Astuti, I. A. D., Fatahillah, F., & Purwanti, P. (2020). Pengaruh Media Pembelajaran Fisika Menggunakan Aplikasi Appypie Terhadap Hasil Belajar Fisika Siswa di SMK. Schrodinger Jurnal Ilmiah Mahasiswa Pendidikan Fisika, 1(1), 44-49.

Astuti, I. A. D., Sumarni, R. A., & Saraswati, D. L. (2017). Pengembangan media pembelajaran fisika mobile learning berbasis android. Jurnal Penelitian & Pengembangan Pendidikan Fisika, 3(1), 57-62.

Badan Pusat Statistik. (2020). Jumlah pelanggan telepon Indonesia menurut jenis penyelanggaraan jaringan 2018-2020. (Online). Diakses dari https://www.bps.go.id/indicator/2/983/1/jumlah-pelanggan-telepon-indonesia-menurut-jenis-penyelenggaraan-jaringan.html

Dasmo, D., Astuti, I. A. D., & Nurullaeli, N. (2017). Pengembangan pocket mobile learning berbasis android. Jurnal Riset dan Kajian Pendidikan Fisika, 4(2), 71-77.

Fiqry, R. (2021). Persepsi Mahasiswa Terhadap Pemanfaatan Aplikasi Sensor Smartphone Untuk Praktikum. JIIP-Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan, 4(2), 103-108.

Muslim, M., Zulherman, M. A., & Ariska, M. (2020). Pengembangan Modul Praktikum Elektronika Dasar Berbasis Proyek Untuk Meningkatkan Pemahaman Konsep Mahasiswa Pendidikan Fisika. Jurnal Inovasi Dan Pembelajaran Fisika, 7(2), 111-117.

Novitasari, S., Tulandi, D. A., & Lolowang, J. (2021). Pengembangan Panduan Praktikum Online Menggunakan Smartphone Berbasis Aplikasi Phypox. Charm Sains: Jurnal Pendidikan Fisika, 2(1), 35-42.

Sugiyono. (2015). Metode Penelitian Pendidikan;Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif Dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Syahpitri, S. A. (2021). Analisis Pemanfaatan Smartphone Sebagai Media Pembelajaran Biologi Pada Masa Pandemi Covid-19 Di SMA Negeri 6 Medan.(Skripsi).Universitas Islam Negeri, Sumatera Utara.

Wijayanti, N., Wahyuningsih, D., & Rahardjo, D. T (2020). Pengembangan E-Modul Praktikum Listrik Magnet Pada LMS Moodle Di Laman Spada UNS Dengan Model Inkuiri Terbimbing. Jurnal Materi Dan Pembelajaran Fisika, 10(2), 115-121.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Faculty of Mathematics and Sciences
Universitas Indraprasta PGRI

Address: Jl. Raya Tengah No. 80, Kel. Gedong, Kec. Pasar Rebo, Jakarta Timur 13760 , Jakarta, Indonesia. 
Phone: +62 (021) 7818718 – 78835283 | Close in sunday and public holidays in Indonesia
Work Hours: 09.00 AM – 08.00 PM
Best hours to visit: From 9 am to 11 am or after 3 pm. The busiest times are between 11 am and 3 pm. 

Creative Commons License
Prosiding Seminar Nasional Sains 2020 is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License