Analisis Desain Alat Peraga Fisika Pada Materi Termodinamika

Popi Purwanti

Abstract


Fisika adalah mata pelajaran yang sering dianggap sulit oleh kebanyakan peserta didik. Karena pada mata pelajaran fisika peserta didik dituntut tidak hanya menjelaskan konsep dan menghafal rumus yang ada di dalam buku namun peserta didik dituntut untuk berperan aktif. Pembelajaran fisika seringkali disertai dengan eksperimen yang memerlukan sarana diantaranya laboratorium dan alat peraga. Pada materi termodinamika, banyak peserta didik yang belum memahami materi tersebut dikarenakan materi termodinamika tekesan abstrak dan pembelajaran yang dilakukan menggunakan metode ceramah yang membuat siswa merasa bosan. Penggunaan media atau alat dinilai sangat tepat digunakan untuk menjelaskan konsep fisika, sehingga dapat memberikan pengalaman kepada peserta didik terhadap materi yang abstrak. Di beberapa sekolah terdapat keterbatasan alat praktikum untuk menunjang praktikum fisika. Oleh karena itu itu dibutuhkan sebuah alat peraga fisika pada materi termodinamika berupa termoskop sebagai suatu media pembelajaran. Tujuan dari penelitian ini adalah mencari solusi bagaimana materi termodinamika tidak terkesan abstrak bagi peserta didik dengan membuat alat peraga termoskop yang memanfaatkan bahan-bahan yang mudah di dapatkan dimana saja agar dapat bermanfaat bagi praktikum fisika khususnya materi radiasi kalor.

References


Darmadi, S. (2011). Board diversity and firm performance: The Indonesian evidence. Corporate ownership and control Journal, 8.

Fitriyah, Q. (2021). Penyusunan Trainer Kit Daya Dan Usaha Sebagai Alat Peraga Praktikum Mata Kuliah Termodinamika. ABEC Indonesia, 9, 1149-1156.

Jumiati, J. (2016). Pembuatan Alat Praktikum Termoskop Guna Menjelaskan Radiasi Kalor Berbasis Teknologi Murah dan Sederhana (Doctoral dissertation, Universitas Pasir Pengaraian).

Kristiani, I., Kristiyanto, W. H., & Rondonuwu, F. S. (2020). Model Mesin Stirling 3D Printing sebagai Media Belajar Fisika Materi Termodinamika. Jurnal Sains dan Edukasi Sains, 3(1), 24-31.

Layali, S., & Kartika, I. (2015). Pengembangan Alat Praktikum Termodinamika Berbasis Problem Based Learning Bagi Peserta Didik SMA/MA Kelas XI. Kaunia: Integration and Interconnection Islam and Science, 11(2), 136-143.

Leonda, M. A., Desnita, D., & Nasbey, H. (2014, October). Pengembangan Set Eksperimen Termodinamika Untuk Fisika Sekolah Menengah Atas (SMA). In Prosiding Seminar Nasional Fisika (E-Journal) (Vol. 3, pp. 229-234).

Marscella, F. A., Komikesari, H., Fakhri, J., & Dewi, P. S. (2019). Termoskop dan Pendingin Udara Sederhana: Pengembangan Alat Peraga Fisika Untuk Pembelajaran Fisika. Indonesian Journal of Science and Mathematics Education, 2(3), 333-343.

Rahmadi, D., Herlina, K., Maulina, H., & Andra, D. (2021). Pengembangan Alat Peraga Elektroliser Sederhana Sebagai Media Pembelajaran Hukum I Termodinamika. Jurnal Inovasi dan Pembelajaran Fisika, 8(1), 38-51.

Sari, D. N., Handhika, J., & Kurniadi, E. (2020, November). Pengembangan Alat Peraga Mesin Stirling Dalam Meningkatkan Pemahaman Konsep Hukum Termodinamika II Pada Siswa Kelas XI SMA. In SNPF (Seminar Nasional Pendidikan Fisika).

Supriana, E. (2016). Pengembangan Termoskop Terintegrasi Sebagai Media Pembelajaran Fisika Berbasis Inkuiri di SMA. In Seminar Nasional Jurusan Fisika FMIPA UM 2016 (pp. 71-78).

Yuliani,F. E. (2018). Pengembangan Alat Peraga Perpindahan Kalor Secara Radiasi Untuk Meningkatkan Pemahaman Konsep Siswa Penyandang Tunarungu SMP LB (Doctoral dissertation, Universitas Negeri Semarang)


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Faculty of Mathematics and Sciences
Universitas Indraprasta PGRI

Address: Jl. Raya Tengah No. 80, Kel. Gedong, Kec. Pasar Rebo, Jakarta Timur 13760 , Jakarta, Indonesia. 
Phone: +62 (021) 7818718 – 78835283 | Close in sunday and public holidays in Indonesia
Work Hours: 09.00 AM – 08.00 PM
Best hours to visit: From 9 am to 11 am or after 3 pm. The busiest times are between 11 am and 3 pm. 

Creative Commons License
Prosiding Seminar Nasional Sains 2020 is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License