Penerapan Kuliah Tamu Laboratorium Virtual antara Universitas Indraprasta PGRI dan STKIP Bima

Popi Purwanti, Muhammad Subhan

Abstract


Laboratorium virtual merupakan alternatif media pembelajaran praktikum untuk mahasiswa dimasa pandemi dan perkuliahan hybrid. Mahasiswa pendidikan fisika perlu memahami laboratorium virtual sebagai kegiatan pembelajaran praktikum. Laboratorium virtual dengan bantuan aplikasi memudahkan pengamatan praktikum dan lebih efektif untuk analisis eksperimen fisika. Pembelajaran melalui laboratorium virtual proses kegiatan belajar dapat dikemas menjadi lebih menarik, menantang dan menyenangkan. Hal ini dikarenakan proses pembelajaran tidak lagi hanya mendengarkan uraian materi dari dosen akan tetapi mahasiswa dapat melakukan aktivitas lain seperti mengamati, mendemonstrasikan suatu simulasi atau praktikum seperti halnya di laboratorium sebenarnya. Kelebihan dari laboratorium virtual adalah mahasiswa bebas mengeksplore, tidak lagi takut akan kesalahan pemilihan alat, merusak alat, dan ahal yang menyebabkan bahaya. Kegiatan ini dilaksanakan via Zoom Meet dengan jumlah 90 peserta. Berdasarkan angket respon memperoleh hasil 88% kategori sangat baik dari kuliah tamu ini. Mahasiswa dalam mengikuti kegiatan sangat antusias dan respon positif ingin menggunakan laboratorium virtual untuk praktikum.

References


Hermansyah, H., Gunawan, G., & Herayanti, L. (2015). Pengaruh penggunaan laboratorium virtual terhadap penguasaan konsep dan kemampuan berpikir kreatif siswa pada materi getaran dan gelombang. Jurnal Pendidikan Fisika dan Teknologi, 1(2), 97-102.

Mirdayanti, R. (2017). Kajian penggunaan laboratorium virtual berbasis simulasi sebagai upaya mengatasi ketidak-sediaan laboratorium. Visipena, 8(2), 323-330.

Kartini, K. S., & Putra, I. N. T. A. (2020). Respon siswa terhadap pengembangan media pembelajaran interaktif berbasis android. Jurnal Pendidikan Kimia Indonesia, 4(1), 12-19.

Octafianus, P., Astuti, I. A. D., & Dasmo, D. (2022, August). Pengembangan E-Modul Praktikum Virtual Phet Simulation Berbasis Android Pada Materi Listrik Dinamis. In SINASIS (Seminar Nasional Sains) (Vol. 3, No. 1).

Popi, P. P., Bhakti, Y. B., & Mayanty, S. (2021). Media Crocodile Physics untuk Pembelajaran Guru Fisika di Masa Pandemi. Archive: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 1(1), 18-26.

Purwanti, P., Bhakti, Y. B., & Jahrudin, A. (2023). Peningkatan Kreativitas Guru dalam Penggunaan Praktikum Virtual Phet Simulation pada MGMP Fisika SMA Kabupaten Lebak. Jurnal PkM (Pengabdian kepada Masyarakat), 6(3), 337-343.

Purwanti, P., & Saraswati, D. L. (2020). Analisis Nilai Kecepatan Tangki Riak dengan Laboratorium Virtual PhET dan Riil di Laboratorium Fisika. Jurnal Penelitian Pendidikan Fisika, 5(4), 321-327.

Marpaung, R. R., Aziz, N. R. N., & Purwanti, P. (2021). Analisis Nilai Sudut Deviasi pada Prisma Menggunakan Software Crocodile Physics 605. Schrodinger: Jurnal Ilmiah Mahasiswa Pendidikan Fisika, 2(1), 1-7.

Muhajarah, K., & Sulthon, M. (2020). Pengembangan laboratorium virtual sebagai media pembelajaran: Peluang dan tantangan. Justek: Jurnal Sains dan Teknologi, 3(2), 77-83.

Trisno, I. B., & Hari, Y. (2022). Kuliah Tamu Pemrograman Web Di Universitas Semarang Dengan Menggunakan Media Zoom. Jurnal Pengabdian Mandiri, 1(7), 1163-1168.

Utami, R. (2019, February). Analisis respon mahasiswa terhadap penggunaan google classroom pada mata kuliah psikologi pembelajaran matematika. In Prisma, Prosiding Seminar Nasional Matematika (Vol. 2, pp. 498-502).

Widyaningsih, S. W., & Yusuf, I. (2016). Keterampilan Proses sains mahasiswa melalui penggunaan media laboratorium virtual pada mata Kuliah Fisika Dasar Universitas Papua. Pancaran Pendidikan, 5(3), 99-110.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Faculty of Mathematics and Sciences
Universitas Indraprasta PGRI

Address: Jl. Raya Tengah No. 80, Kel. Gedong, Kec. Pasar Rebo, Jakarta Timur 13760 , Jakarta, Indonesia. 
Phone: +62 (021) 7818718 – 78835283 | Close in sunday and public holidays in Indonesia
Work Hours: 09.00 AM – 08.00 PM
Best hours to visit: From 9 am to 11 am or after 3 pm. The busiest times are between 11 am and 3 pm. 

Creative Commons License
Prosiding Seminar Nasional Sains 2020 is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License