Pengembangan E-Modul Fisika Berbasis STEM (Science, Technology, Engineering, And Mathematics) Menggunakan Aplikasi Flipbuilder Pada Materi Alat Optik SMA Kelas XI

Diva Alkhadia Rana, Andry Fitrian, Dasmo Dasmo

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan media pembelajaran E-modul fisika berbasis STEM (Science, Technology, Engineering, and Mathematics) menggunakan aplikasi Flipbuilder pada materi alat optik. Dalam hal ini peneliti mengembangkan sebuah inovasi media pembelajaran yang berintegrasi dengan perkembangan IPTEK dengan memanfaatkan gadget. Inovasi media pembelajaran yang dikembangkan adalah membuat e-modul dan menggabungkannya dengan empat disiplin ilmu yaitu STEM. Metode Penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode R&D (Research and Development) dengan model pengembangan ADDIE (Analysis, Design, Development, Implementation, dan Evaluation) yang merupakan model pembelajaran berlandaskan pada pendekatan sistem yang bersifat interaktif. E-modul berbasis STEM ini dibuat dengan menggunakan aplikasi multimedia interaktif yaitu flipbuilder yang menyajikan materi, gambar, audio, video pembelajaran dan contoh soal. E-modul fisika juga dilengkapi kaitan materi dengan pendekatan STEM yang relevan sehingga dirasa mampu menjadi solusi penunjang pendidikan khususnya dalam dunia fisika. E-modul fisika berbasis STEM ini juga sudah dikatakan layak untuk digunakan berdasarkan validasi dari ahli media, ahli materi dan ahli bahasa, yaitu dengan rata-rata skor total sebesar 96% untuk penilaian validasi ahli materi, rata-rata skor total sebesar 83% untuk penilaian validasi ahli media, dan rata-rata skor total sebesar 95% untuk penilaian validasi ahli bahasa, yang masing-masing hasilnya masuk pada kriteria “Sangat Baik”. Selain itu, sudah dilakukan uji lapangan kepada tiga puluh peserta didik dan mendapatkan skor nilai rata-rata respon siswa sebesar 94,44% dengan kategori sangat baik.

References


Akhmadan, W. (2017). Pengembangan Bahan Ajar Materi Garis dan Sudut Menggunakan Macromedia Flash dan Moodle Kelas VII Sekolah Menengah Pertama. Jurnal Gantang, 2(1), 27-40.

Arsyad, A. (2016). Media pembelajaran; Edisi revisi. Jakarta: PT. Rajagrafindo Persada.

Kelley, T. R., & Knowles, J. G. (2016). A conceptual framework for integrated STEM education. International Journal of STEM Education, 3(1), 3-11.

Rachmawati, D., Suhery, T., & Anom, K. (2017). Pengembangan modul kimia dasar berbasis STEM problem based learning pada materi laju reaksi untuk mahasiswa program studi pendidikan kimia. In Seminar Nasional Pendidikan IPA Tahun 2021 (Vol. 1, No. 1, hlm. 239-248).

Sugianto, D., A. G. Abdullah, S. Elvyanti, dan Y. Muladi. (2013). “Modul virtual: multimedia flipbook dasar teknik digital”. INVOTEC IX (2). 102-103.

Sukarno, B. B. (2020). Modul pembelajaran SMA fisika kelas XI: alat optik. Jakarta: Kemendikbud.

Sulistyarini, E. (2015). Pengembangan bahan ajar fisika SMA materi gelombang bunyi berbasis interactive PDF (Doctoral dissertation, Universitas Negeri Semarang). Universitas Negeri Semarang.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Faculty of Mathematics and Sciences
Universitas Indraprasta PGRI

Address: Jl. Raya Tengah No. 80, Kel. Gedong, Kec. Pasar Rebo, Jakarta Timur 13760 , Jakarta, Indonesia. 
Phone: +62 (021) 7818718 – 78835283 | Close in sunday and public holidays in Indonesia
Work Hours: 09.00 AM – 08.00 PM
Best hours to visit: From 9 am to 11 am or after 3 pm. The busiest times are between 11 am and 3 pm. 

Creative Commons License
Prosiding Seminar Nasional Sains 2020 is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License