Transformasi Pembelajaran: Mengasah Kemahiran Berbicara dalam Biologi melalui Model Active Knowledge Sharing

Yulian Dinihari, Martua Ferry Siburian, Musringudin Musringudin

Abstract


Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui kemahiran berbicara dalam Biologi melalui model Pembelajaran Active knowledge sharing pada mata Pelajaran Biologi di SMA. Metode penelitian yang digunakan adalah metode kuasi eksperimen, khusus mengambil dua kelas sampel. Kelompok pertama (kelas) diajarkan dengan menggunakan model Active knowledge sharing. Kelompok kedua (kelas) diajarkan dengan menggunakan model pembelajaran ceramah. Di akhir sesi pengajaran, dua sampel diuji dengan pertanyaan yang sama, hasilnya kemudian akan dibandingkan dan dianalisis menggunakan teknik pemeriksaan data statistik kuantitatif yang ada. Dari hasil analisis diperoleh data ????ℎ????????????????????= 3,2016 ???????????? ???????????????????????? ???????????????????????? α = 0,005, dk= nA + Nb-2 = 30 + 30-2=58, nilai ???????????????????????? adalah 1,6723, karena ????ℎ???????????????????? > ???????????????????????? maka H1 diterima. Oleh karena itu hipotesis terbukti ada perbedaan antara kelas eksperimen dan kelas kontrol. Jadi hasil penelitian dapat disiimpulkan bahwa terdapat pengaruh model pembelajaran Active knowledge sharing di SMA PGRI Jakarta Timur

 


Full Text:

PDF

References


Angeli Ramadina, ,. L. (2021). Keterampilan Komunikasi Siswa Setelah Diterapkan Strategi Active . Pendidikan Sains, 247-251.

Ainuha Wati, V. A., & Syukur, T. A. (2020). Pengeruh Strategi Pembelajaran Active Knowledge Sharing Terhadap Motivasi Belajar Mata Kuliah Masa’ilul Fiqhiyah Mahasiswa STAI Alhikmah Jakarta. Hikmah Journal of Islamic Studies, 15(1). https://doi.org/10.47466/hikmah.v15i1.133

Amirullah, G., Marlina, A., Yuliyani Pramita, A., Suciati, R., & Astuti, Y. (2019). Pengaruh Strategi Pembelajaran Active Knowledge Sharing terhadap Kemampuan Berpikir Kreatif Siswa Kelas X. BIOEDUSCIENCE: Jurnal Pendidikan Biologi Dan Sains, 3(2). https://doi.org/10.29405/j.bes/3266-733636

Fauziah, Y. N. (2011). Analisis Kemampuan Guru Dalam Mengembangkan Keterampilan Berpikir Kreatif Siswa Sekolah Dasar Kelas V Pada Pembelajaran Ilmu Pengetahuan Alam. Jurnal Edisi Khusus, 1(1).

Halawati, F. (2019). Penerapan Strategi Pembelajaran Active Knowledge Sharing terhadap Kemampuan Pemahaman Matematika. JUMLAHKU: Jurnal Matematika Ilmiah STKIP Muhammadiyah Kuningan, 5(2). https://doi.org/10.33222/jumlahku.v5i2.765

Hariyatmi, Krisnaningrum, A., & Megatywie, I. (2019). Kemampuan Guru Biologi MAN Surakarta Dalam Mengembangkan Keterampilan Berpikir Kritis Siswa. Seminar Nasional Pendidikan Biologi Dan Saintek (SNPBS) Ke-IV, 2015.

Matona, F. (2021). Meminimalisasikan Kesulitan Belajar Matematika Peserta Didik Melalui Strategi Active Knowledge Sharing. Linear : Jurnal Ilmu Pendidikan, 5(1). https://doi.org/10.53090/jlinear.v5i1.133

Nuraini, N., Tindangen, M., & Theodora Maasawet, E. (2016). Analisis Permasalahan Guru Terkait Perangkat Pembelajaran Berbasis Model Inquiry dan Permasalahan Siswa Terkait Kemampuan Pemecahan Masalah dalam Pembelajaran Biologi di SMA. Jurnal Pendidikan: Teori, Penelitian, Dan Pengembangan, 1(10).

Nurmala, R. S., & Priantari, I. (2017). Meningkatkan Keterampilan Komunikasi dan Hasil Belajar Kognitif Melalui Penerapan Discovery Learning. Jurnal Biologi Dan Pembelajaran Biologi, 2(1).

Rachmedita, V., Sinaga, R. M., & Pujiati. (2017). Peningkatan Kemampuan Berpikir Kritis Melalui Penggunaan Strategi Active Sharing Knowledge (Issue 1).

Ramadina, A., & Rosdiana, L. (2021). Keterampilan Komunikasi Siswa Setelah Diterapkan Strategi Active Knowledge Sharing ketika Pembelajaran Daring. Pensa E-Jurnal : Pendidikan Sains, 9(2).

Safii, M. (2019). Kemampuan Berpikir Kreatif Melalui Model Mind Mapping dan Strategi Active Knowledge Sharing pada Materi Bangun Ruang Sisi Datar Kubus dan Balok. Jurnal Penelitian, Pendidikan, Dan Pembelajaran, 14(9).

Satriawati, G., Musyrifah, E., & Purwanto, S. (2018). Pengaruh Strategi Pembelajaran Active Knowledge Sharing t terhadap Kemampuan Komunikasi Matematik Siswa. Jurnal Riset Pendidikan Matematika Jakarta, 1(1). https://doi.org/10.21009/jrpmj.v1i1.4961

Siregar, M. K., & Amrizal, A. (2018). Implementasi Kurikulum 2013 Dengan Pendekatan Saintifik (Scientific Approach) Pada Mata Pelajaran Biologi. Jurnal Pelita Pendidikan, 6(4). https://doi.org/10.24114/jpp.v6i4.11068

Suharno. (2014). Implementasi Pembelajaran Berbasis Kurikulum 2013 Pada Mata Pelajaran Biologi Di Sma Negeri 1 Gondang Kabupaten Tulungagung. Jurnal HUMANITY, 10(1).

Toibah, T. (2019). Upaya Meningkatkan Kemampuan Menulis Teks Anekdot Melaui Strategi Pembelajaran Active Knowledge Sharing Pada Peserta Didik. Wahana Didaktika : Jurnal Ilmu Kependidikan, 17(2). https://doi.org/10.31851/wahanadidaktika.v17i2.2655

Wardani, S. M. R., Tanjung, I. F., & Reflina. (2021). Pengaruh Strategi Pembelajaran Active Knowledge Sharing Berbasis Socio Scientific Issues terhadap Communication Skills Siswa Kelas X SMAS PAB 4 Sampal pada Materi Keanekaragaman Hayati. Jurnal Pendidikan Tambusai, 5(3).


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Faculty of Mathematics and Sciences
Universitas Indraprasta PGRI

Address: Jl. Raya Tengah No. 80, Kel. Gedong, Kec. Pasar Rebo, Jakarta Timur 13760 , Jakarta, Indonesia. 
Phone: +62 (021) 7818718 – 78835283 | Close in sunday and public holidays in Indonesia
Work Hours: 09.00 AM – 08.00 PM
Best hours to visit: From 9 am to 11 am or after 3 pm. The busiest times are between 11 am and 3 pm. 

Creative Commons License
Prosiding Seminar Nasional Sains 2020 is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License