Penerapan Model Problem Based Learning (PBL) Berbantu Mobile Learning untuk Meningkatkan Kemampuan Hasil Belajar Siswa
Abstract
Penelitan ini bertujuan untuk mengatahui peningkatan hasil belajar siswa melalui penerapan model problem based learning berbantu mobile learning. Jenis penelitian yang dilakukan adalah penelitian tindakan kelas. Sumber data dalam peneltiian ini berupa sumber data primer dan sumber data sekunder. Adapun subjek dalam penelitian ini siswa kelas IV SDN 10 Tumangpada Kecamatan Siak yang berjumlah 27 siswa. Penelitian ini dilakukan dalam 3 siklus. Model PTK yang digunakan yaitu model yang dikembangkan oleh Kemmis dan Mc.Taggart yang dimulai dengan Rencana, Tindakan, Pengamatan, Refleksi. Penelitian ini dilakukan dalam 3 siklus, setiap siklus terdiri dari 1 kali pertemuan. Data diperoleh dari observasi, dokumentasi, dan hasil belajar siswa dengan memberikan tes. Analisis dalam penelitian ini dilakukan terhadap hasil belajar siswa. Hasil peneltiian menunjukkan bahwa model pembelajaran problem based learning (PBL) berbantu mobile learning dapat meningkatkan hasil belajar siswa. Dengan rata-rata ketuntasan klasikal siklus I sebesar 56%, dan siklus II 70%, serta siklus III 85%.
Full Text:
PDF (Bahasa Indonesia)References
Arifin, M., Suyitno, H., & Dewi, N. R. (2019). Kemampuan Berpikir Kreatif Matematis Melalui Problem Based Learning Berbantuan Mobile Learning Era Disrupsi. Prisma, Prosiding Seminar Nasional Matematika, 2(1).
Fatriani, E., & Sukidjo, S. (2018). Efektivitas metode problem based learning ditinjau dari kemampuan berpikir kritis dan sikap sosial siswa. SOCIA: Jurnal Ilmu-Ilmu Sosial, 15(1). https://doi.org/10.21831/socia.v15i1.20089
Fitriyah, I. M. N., & Ghofur, M. A. (2022). Pengembangan E-Lkpd Berbasis Android Dengan Model Pembelajaran Problem Based Learning (Pbl) Untuk Meningkatkan Berpikir Kritis. Jurnal Ekonomi Dan Pendidikan, 18(2). https://doi.org/10.21831/jep.v18i2.41224
Handayani, M., Puryatmi, H., & Hanafi, H. (2021). Peningkatan Keterampilan Berpikir Kritis melalui Model Problem Based Learning dalam Pembelajaran IPA di Sekolah Dasar. EDUKATIF : JURNAL ILMU PENDIDIKAN, 4(1). https://doi.org/10.31004/edukatif.v4i1.1829
Hariadi, B., Sunarto, M. J. D., Sagirani, T., Amelia, T., Lemantara, J., Prahani, B. K., & Jatmiko, B. (2021). Pengembangan Model Blended Web Mobile Learning dengan Aplikasi MoLearn untuk Meningkatkan Keterampilan Berpikir Tingkat Tinggi Siswa SMA. Empiricism Journal, 2(2). https://doi.org/10.36312/ej.v2i2.560
Ismail, N. S., Harun, J., Zakaria, M. A. Z. M., & Salleh, S. M. (2017). The Effect of Mobile Problem-Based Science Dictionary Application DicScience PBL towards Students’ Mastery of Scientific Terms and Critical Thinking. Proceedings - 5th International Conference on Learning and Teaching in Computing and Engineering, LaTiCE 2017. https://doi.org/10.1109/LaTiCE.2017.19
Mu’aliimin. (2014). Penelitian Tindakan Kelas Teori dan Praktek. Gandung Pustaka.
Puriasih, K. N., & Trisna, G. A. P. S. (2022). Digital Comics Learning Media Based on Problem Based Learning in Science Subjects for Fourth Grade Elementary School. MIMBAR PGSD Undiksha, 10(2). https://doi.org/10.23887/jjpgsd.v10i2.48575
Sani, R. A. (2019). Pembelajaran Berbasis HOTS ( Higher Order Thinkig skills). Tira Smart.
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Faculty of Mathematics and Sciences Universitas Indraprasta PGRI Address: Jl. Raya Tengah No. 80, Kel. Gedong, Kec. Pasar Rebo, Jakarta Timur 13760 , Jakarta, Indonesia. |
Prosiding Seminar Nasional Sains 2020 is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License. |