Penerapan Model Problem Based Learning (PBL) Berbantu Mobile Learning untuk Meningkatkan Kemampuan Hasil Belajar Siswa

Yani Alfani, M. Jaya Adi Putra, Neni Hermita

Abstract


Penelitan ini bertujuan untuk mengatahui peningkatan hasil belajar siswa melalui penerapan model problem based learning berbantu   mobile learning.  Jenis penelitian yang dilakukan adalah penelitian tindakan kelas. Sumber data dalam peneltiian ini berupa sumber data primer dan sumber data sekunder. Adapun subjek dalam penelitian ini siswa kelas IV SDN 10 Tumangpada Kecamatan Siak yang berjumlah 27 siswa. Penelitian ini dilakukan dalam 3 siklus.   Model PTK yang digunakan yaitu model yang dikembangkan oleh Kemmis dan Mc.Taggart yang dimulai dengan Rencana, Tindakan, Pengamatan, Refleksi. Penelitian ini dilakukan dalam 3 siklus, setiap siklus terdiri dari 1 kali pertemuan. Data diperoleh dari observasi, dokumentasi, dan hasil belajar siswa dengan memberikan tes. Analisis dalam penelitian ini dilakukan terhadap hasil belajar siswa. Hasil peneltiian menunjukkan bahwa model pembelajaran problem based learning (PBL) berbantu mobile learning dapat meningkatkan hasil belajar siswa. Dengan rata-rata ketuntasan klasikal siklus I sebesar 56%, dan siklus II 70%, serta  siklus III 85%.


References


Arifin, M., Suyitno, H., & Dewi, N. R. (2019). Kemampuan Berpikir Kreatif Matematis Melalui Problem Based Learning Berbantuan Mobile Learning Era Disrupsi. Prisma, Prosiding Seminar Nasional Matematika, 2(1).

Fatriani, E., & Sukidjo, S. (2018). Efektivitas metode problem based learning ditinjau dari kemampuan berpikir kritis dan sikap sosial siswa. SOCIA: Jurnal Ilmu-Ilmu Sosial, 15(1). https://doi.org/10.21831/socia.v15i1.20089

Fitriyah, I. M. N., & Ghofur, M. A. (2022). Pengembangan E-Lkpd Berbasis Android Dengan Model Pembelajaran Problem Based Learning (Pbl) Untuk Meningkatkan Berpikir Kritis. Jurnal Ekonomi Dan Pendidikan, 18(2). https://doi.org/10.21831/jep.v18i2.41224

Handayani, M., Puryatmi, H., & Hanafi, H. (2021). Peningkatan Keterampilan Berpikir Kritis melalui Model Problem Based Learning dalam Pembelajaran IPA di Sekolah Dasar. EDUKATIF : JURNAL ILMU PENDIDIKAN, 4(1). https://doi.org/10.31004/edukatif.v4i1.1829

Hariadi, B., Sunarto, M. J. D., Sagirani, T., Amelia, T., Lemantara, J., Prahani, B. K., & Jatmiko, B. (2021). Pengembangan Model Blended Web Mobile Learning dengan Aplikasi MoLearn untuk Meningkatkan Keterampilan Berpikir Tingkat Tinggi Siswa SMA. Empiricism Journal, 2(2). https://doi.org/10.36312/ej.v2i2.560

Ismail, N. S., Harun, J., Zakaria, M. A. Z. M., & Salleh, S. M. (2017). The Effect of Mobile Problem-Based Science Dictionary Application DicScience PBL towards Students’ Mastery of Scientific Terms and Critical Thinking. Proceedings - 5th International Conference on Learning and Teaching in Computing and Engineering, LaTiCE 2017. https://doi.org/10.1109/LaTiCE.2017.19

Mu’aliimin. (2014). Penelitian Tindakan Kelas Teori dan Praktek. Gandung Pustaka.

Puriasih, K. N., & Trisna, G. A. P. S. (2022). Digital Comics Learning Media Based on Problem Based Learning in Science Subjects for Fourth Grade Elementary School. MIMBAR PGSD Undiksha, 10(2). https://doi.org/10.23887/jjpgsd.v10i2.48575

Sani, R. A. (2019). Pembelajaran Berbasis HOTS ( Higher Order Thinkig skills). Tira Smart.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Faculty of Mathematics and Sciences
Universitas Indraprasta PGRI

Address: Jl. Raya Tengah No. 80, Kel. Gedong, Kec. Pasar Rebo, Jakarta Timur 13760 , Jakarta, Indonesia. 
Phone: +62 (021) 7818718 – 78835283 | Close in sunday and public holidays in Indonesia
Work Hours: 09.00 AM – 08.00 PM
Best hours to visit: From 9 am to 11 am or after 3 pm. The busiest times are between 11 am and 3 pm. 

Creative Commons License
Prosiding Seminar Nasional Sains 2020 is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License