Self-Efficacy sebagai Penguat Literasi Sains dan Kemampuan Komunikasi Ilmiah
Abstract
Kemampuan literasi sains merupakan aspek penting dalam mempersiapkan siswa menghadapi perkembangan ilmu pengetahuan, teknologi, dan sains sebagai pemecah masalah. Selain itu, self-efficacy (keyakinan diri) juga berperan signifikan dalam mendukung peningkatan literasi sains. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh self-efficacy terhadap kemampuan literasi sains siswa, serta implikasinya terhadap kemampuan komunikasi ilmiah. Penelitian dilakukan pada bulan Februari 2024 di kelas X SMA IT Ar-Ridwan, Kota Bekasi, dengan metode survei korelasi. Uji normalitas menggunakan Chi-Kuadrat diterapkan pada kedua instrumen penelitian. Hasil penelitian menunjukkan bahwa self-efficacy memiliki pengaruh positif terhadap kemampuan literasi sains siswa. Uji keberartian koefisien regresi menunjukkan H0 ditolak dan H1 diterima, dengan Fhitung > Ftabel (9,14 > 4,06), serta koefisien determinasi sebesar 17,17%. Implikasinya, peningkatan literasi sains melalui self-efficacy juga berdampak pada kemampuan komunikasi siswa dalam menyampaikan gagasan ilmiah secara jelas dan efektif dalam kemampuan komunikasi ilmiiah, baik secara lisan maupun tulisan. Hal ini menunjukkan bahwa self-efficacy tidak hanya memperkuat pemahaman sains, tetapi juga memperkuat keterampilan komunikasi ilmiah siswa.
Full Text:
PDF (Bahasa Indonesia)References
Griffin, K. L., & Ramachandran, H. (2014). Science education and information literacy: A grass-roots effort to support science literacy in schools. Science and Technology Libraries, 29(4), 325–349. https://doi.org/10.1080/0194262X.2010.522945
Jufri, A. W. (2016). Belajar dan Pembelajaran Sains. Pustaka Reka Cipta, Jawa Barat, 176, 201.
Khan, M. (2023). Academic Self-Efficacy, Coping, and Academic Performance in College. International Journal of Undergraduate Research and Creative Activities, 5(1). https://doi.org/10.7710/2168-0620.1006
Lestari, C. A., Faisal Mustofa, R., & Hernawati, D. (2020). Hubungan Antara Self Efficacy dengan Literasi Sains Pada Materi Ekosistem Di SMA Negeri 1 Tasikmalaya. Jurnal Bioterdidik, 8(2), 20–25. https://doi.org/10.23960/jbt.v8.i2.03
Sovia, D. A., Cicilia, Y., & Vebrianto, R. (2020). Efektifitas Media Pembelajaran pada Pendekatan Scientific terhadap Literasi Sains dan Self Efficacy Peserta Didik SDN 193 Pekanbaru. Instructional Development Journal, 3(1), 35. https://doi.org/10.24014/idj.v3i1.9523
Sugiyono. (2017). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: CV. Alfabeta.
Wiarsana, I. G. S. (2020). Pengaruh Self Efficacy, Motivasi Berprestasi, dan Study Habits Terhadap Literasi Sains Siswa. Jurnal Pendidikan Sains (JPS), 8(2), 110–120. http://jurnal.unimus.ac.id/index.php/JPKIMIA
Wulaningsih, D., Sartono, N., & Nurmanita, S. R. (2022). Relationship Between Integrated Science Process Skills and Self- Efficiency With Student Biological Literature. 4(2), 26–37. http://jurnal.fkip.unila.ac.id/index.php/JBT/
Yuliati, Y. (2017). Literasi Sains dalam Pembelajaran Ipa. Jurnal Cakrawala Pendas, 3(2). https://doi.org/10.20961/prosidingsnfa.v2i0.16408
Yusmar, F., & Fadilah, R. E. (2023). Analisis Rendahnya Literasi Sains Peserta Didik Indonesia: Hasil Pisa dan Faktor Penyebab. LENSA (Lentera Sains): Jurnal Pendidikan IPA, 13(1), 11–19. https://doi.org/10.24929/lensa.v13i1.283
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Faculty of Mathematics and Sciences Universitas Indraprasta PGRI Address: Jl. Raya Tengah No. 80, Kel. Gedong, Kec. Pasar Rebo, Jakarta Timur 13760 , Jakarta, Indonesia. |
Prosiding Seminar Nasional Sains 2020 is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License. |