Pemanfaatan Media Padlet pada Pembelajaran Tematik dengan Teknik KWL di SDIT Jakarta Timur

Bambang Sumadyo, Dewi Indah Susanti, Elyza Martiarini, Jatut Yoga Prameswari

Sari


Pandemi Covid-19 telah berimbas pada semua bidang tidak terkecuali bidang pendidikan. Pandemi mendorong guru dan siswa untuk akrab dengan teknologi pembelajaran. Memasuki era kenormalan baru, kegiatan pembelajaran pun mengalami peralihan menuju pembelajaran hybrid yang memadukan pembelajaran tatap muka dan pembelajaran daring.  Pemanfaatan media pembelajaran yang kreatif, inovatif, dan kekinian dapat menjadi inovasi khususnya dalam pembelajaran hybrid. Media  Padlet menjadi salah satu solusi untuk mengantisipasi kejenuhan yang muncul saat pembelajaran daring. Dengan Padlet, guru dapat memberikan sesuatu yang baru dalam menyajikan materi ajar. Pada proses pembelajaran tematik, teknik KWL (know, what, learn) dapat diterapkan yang disajikan dalam Padlet. Penelitian ini bertujuan untuk memberikan informasi dan mengetahui manfaat Padlet sebagai media pembelajaran di sekolah dasar pada kondisi pembelajaran hybrid dalam pembelajaran tematik yang dipadukan dengan teknik KWL. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif deskriptif dengan pendekatan studi kasus. Subjek penelitian adalah guru tematik dan siswa kelas 5 SDIT Nurul Yaqin. Teknik pengumpulan data menggunakan wawancara, observasi, dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penggunaan media Padlet dalam pembelajaran tematik menggunakan teknik KWL dapat merangsang siswa untuk lebih kreatif, inovatif, dan kritis. Padlet menjadi wadah kolaborasi antara guru dan siswa dalam berpartisipasi secara bersamaan dalam berbagi ide maupun pemikiran, baik berupa video, gambar, maupun teks.

 

Kata Kunci: Pemanfaatan Padlet; Pembelajaran tematik; Teknik KWL


Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Dewitt, D., Alias, N., & Siraj, S. (2015). Collaborative learning: Interactive debates using Padlet in a higher education institution. Turkish Online Journal of Educational Technology, 2015, 88–95.

Dollah, S., Sehuddin, M., & Geminastiti, S. (2021). Motivating EFL learners to write using Padlet application. 8(2), 240.

Guswita, R. (2019). Penerapan Strategi Kwl (Know, Want To Know, Learned) Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Tematik Peserta Didik Kelas Iii Di Sd Negeri 12 Koto Baru Kecamatan Kubung Kabupaten Solok. Jurnal Tunas Pendidikan, 2(1), 1–10. https://doi.org/10.52060/pgsd.v2i1.185

Hewi, L., & Asnawati, L. (2021). Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini Strategi Pendidik Anak Usia Dini Era Covid-19 dalam Menumbuhkan Kemampuan Berfikir Logis. Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 5(1), 158–167. https://doi.org/10.31004/obsesi.v5i1.530

Irsan, I., Nurmaya G, A. L., & Yulan, T. (2021). Analisis Kesulitan Implementasi Pembelajaran Tematik Pada Masa Pandemi Covid-19 di Sekolah Dasar. Edukatif : Jurnal Ilmu Pendidikan, 3(6), 4392–4399. https://doi.org/10.31004/edukatif.v3i6.1475

Mehta, K. J., Miletich, I., & Detyna, M. (2021). Content-specific differences in Padlet perception for collaborative learning amongst undergraduate students. Research in Learning Technology, 29(1063519), 1–19. https://doi.org/10.25304/rlt.v29.2551

Puspita, R. D., & Yudiantara, R. A. (2017). Penggunaan Lembar Kerja KWL pada Pembelajaran Tematik Terpadu Untuk Meningkatkan Kemampuan Membaca Pemahaman Teks Informasi Siswa Kelas 5 SD di Kabupaten Bandung Indonesia. Golden Age: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 1(1), 67–75. https://doi.org/10.29313/ga.v1i1.2684

Ramachandiran, C.R, & Mahmud, M.M. (2018). Padlet: A Technology Tool for the 21st Century Students Skills Assessment. 1, 101–107. https://doi.org/10.26499/iceap.v1i1.81

Shuker, M. A., & Burton, R. (2021). Educational Technology Review: Bringing people and ideas together with ‘Padlet.’ Journal of Applied Learning & Teaching, 4(2), 121–124. https://doi.org/10.37074/jalt.2021.4.2.9

Suwendra, W. (2018). METODOLOGI PENELITIAN KUALITATIF. NilaCakra.

Zhi, Q., & Su, M. (2015). Enhance Collaborative Learning by Visualizing Process of Knowledge Building with Padlet. Proceedings - 2015 International Conference of Educational Innovation Through Technology, EITT 2015, 1, 221–225. https://doi.org/10.1109/EITT.2015.54




DOI: https://doi.org/10.30998/sinastra.v1i0.6088

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


                                                                                              

Penerbit: Universitas Indraprasta PGRI

Alamat: TB. Simatupang, Jl. Nangka Raya No.58 C, RT.5/RW.5, Tanjung Barat, Kec. Jagakarsa, Jakarta Selatan, Provinsi DKI Jakarta, 12530, Indonesia

Telepon: +62 (021) 7818718 – 78835283 | Tutup pada hari Minggu dan hari libur nasional di Indonesia

Jam Kerja: Pukul 09.00--16.00 WIB

Creative Commons License

SINASTRA: Prosiding Seminar Nasional Bahasa, Seni, dan Sastra is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.