Pelatihan TOEFL dan Pendampingan Beasiswa untuk Komunitas “Scholarship Hunter Dompu” dalam Mendukung Visi Pendidikan di NTB
Sari
Di Kabupaten Dompu terdapat satu komunitas yang konsen dalam mencari beasiswa, namun terdapat kendala mengenai TOEFL dan penulisan CV, essay, motivation letter, dan rencana studi. Kegiatan PKMS ini bertujuan untuk meningkatkan pengetahuan peserta pelatihan TOEFL dan Pendampingan Beasiswa. Adapun metode yang digunakan yaitu metode pelatihan dan pendampingan. Metode pelatihan dilakukan dengan cara penyampaian materi sedangkan pendampingan dilakukan dengan cara teori-praktik langsung. Hasil program ini yaitu tahap pertama yang dilakukan adalah perencanaan kegiatan seperti merencanakan tempat, materi, narasumber dan waktu. Tahap kedua yaitu pelaksanakan seperti pemberian pelatihan dan pendampingan. Tahap ketiga monitoring dan evaluasi seperti melakukan evaluasi terhadap kesuksesan program. Terakhir, hasil dari kegiatan ini menunjukan bahwa terjadi peningkatan pengetahuan peserta kegiatan. Hal itu dilihat dari skor akhir perhitungan peningkatan pengetahuan yaitu 4.3 yang dapat dimaknai sebagai peningkatan pengetahuan pasca pelatihan dan pendampingan.
Kata Kunci: Beasiswa; Komunitas; Pelatihan dan pendampingan; TOEFL.
Teks Lengkap:
PDFReferensi
Almasri, M. N. (2016). Manajemen Sumberdaya Manusia: Implementasi dalam Pendidikan Islam. Kutubkhanah: Jurnal Penelitian Sosial Keagamaan, 19(2), 133–151.
Bappeda. (2019). Rencana Pembangunan Jangka Menengah Daerah. Tahun 2019. Nusa Tenggara Barat.
BPS. (2017). Kabupaten Dompu Dalam Angka. Dompu.
Fitriana, R. (2020). Pelatihan Manajemen Pengelolaan Homestay di Desa Wisata Cikolelet, Serang, Banten. Wikrama Parahita : Jurnal Pengabdian Masyarakat, 4(1), 8–12. https://doi.org/10.30656/jpmwp.v4i1.2059
Lubis, L. R., & Irmayana, A. (2019). Analisis Kesulitan Mahasiswa Ipts Dalam Menyelesaikan Soal-Soal Toefl. Jurnal Education and Development, 7(3), 380–387. https://doi.org/10.37081/ed.v7i3.1202
Mardiana, G. T. (2013). Sistem Monitoring Data Aset Inventaris PT. Telkom Cianjur Berbasis Web. Jurnal Ilmiah Komputer Dan Informatika (KOMPUTA), 2(1), 1–15.
Phillips, D. (2001). Longman Complete Course for the TOEFL Test: Preparation for the Computer and Paper Tests. New York: Addison-Wesley Longman, Inc.
Purwati, D., Mardhiah, A., Nurhasanah, E., & Ramli, R. (2022). The Six Characteristics of Andragogy and Future Research Directions in EFL: A Literature Review. Elsya : Journal of English Language Studies, 4(1), 86–95. https://doi.org/10.31849/elsya.v4i1.7473
Salam, U. (2017). TOEFL Antara Penting dan Frustasi: Analisis kebijakan TOEFL di Universitas Tanjungpura. Journal of Prospective Learning, 2(1), 37–44.
Wirawan. (2012). Evaluasi Teori, Model, Standar, Aplikasi dan Profesi. Jakarta: Rajawali Pres.
DOI: https://doi.org/10.30998/sinastra.v1i0.6093
Refbacks
- Saat ini tidak ada refbacks.
Penerbit: Universitas Indraprasta PGRI
Alamat: TB. Simatupang, Jl. Nangka Raya No.58 C, RT.5/RW.5, Tanjung Barat, Kec. Jagakarsa, Jakarta Selatan, Provinsi DKI Jakarta, 12530, Indonesia
Telepon: +62 (021) 7818718 – 78835283 | Tutup pada hari Minggu dan hari libur nasional di Indonesia
Jam Kerja: Pukul 09.00--16.00 WIB
SINASTRA: Prosiding Seminar Nasional Bahasa, Seni, dan Sastra is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.