Hubungan Penguasaan Past Tense dan Keterampilan Menulis Teks Recount Siswa Kelas X

Wahyu Setyaningrum

Sari


Past tense merupakan salah satu hal penting dalam pembentukan teks recount. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan penguasaan past tense dan keterampilan menulis teks recount bahasa Inggris siswa kelas X SMAN 1 Tajurhalang. Penellitian ini dilaksanakan pada bulan April-Mei 2022 di SMAN 1 Tajurhalang. Metode yang digunakan pada penelitian ini adalah penelitian kuantitatif survei dengan menggunakan teknik korelasional Pearson product moment. Sampel yang digunakan pada penelitian ini adalah sebanyak 47 siswa dengan menggunakan simple random sampling. Penelitian ini menggunakan teknik pengumpulan data melalui tes pada kedua variabel, yaitu tes pilihan ganda dan tes menulis. Setelah proses analisis, peneliti mendapatkan hasil yang menunjukkan bahwa terdapat hubungan positif yang signifikan antara penguasaan past tense dan keterampilan menulis teks recount bahasa Inggris siswa kelas X SMAN 1 Tajurhalang dengan hasil hitung nilai  dan uji-t dengan nilai . Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa semakin tinggi tingkat penguasaan siswa dalam past tense maka semakin tinggi pula keterampilan menulis teks recount siswa.

 

Kata Kunci: Penguasaan Past tense, Teks Recount, Keterampilan Menulis

 


Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Agustini, D., Hendrety, Y., & Sari, F. (2021). The Correlation Between Past Tense Mastery And Writing Skill In Personal Recount Text. 2(2), 89–96.

Amalia, R. R., Isnaini, I., Rohmah, T., & Fitrianingsih, A. (2021). An Analysis Students Difficulties in writing Recount Text at MTS Muhammadiyah 2 Kedungadem. 1–6. http://repository.ikippgribojonegoro.ac.id/id/eprint/1681

Anderson, M., & Anderson, K. (2003). Text Type in English 1. Macmillan Education Australia RTY LTD.

Brinton, D., & Nunan, D. (2003). Practical English Language Teaching. McGraw-Hill.

Broad, B. (2003). What We Really Value, Beyond Rubrics in Teaching and Assessing Writing. University Press of Colorado.

Davidson, G. (2003). Verbs and Tenses : A comprehensive guide to mastering the use of English verbs and tenses (p. 282). Learners Publishing.

Declerck, R. (2009). The Grammar of the English Tense System. In S. Reed & B. Cappelle (Eds.), The Grammar of the English Tense System (Vol. 1). Walter de Gruyter GmbH & Co. KG. https://doi.org/10.1515/9783110199888

Fidianingsih, A., & Muhtadi, A. (2021). An Analysis of Senior High School Students’ Difficulties in Learning Historical Recount Text. Jurnal Pendidikan Progresif, 11(2), 246–257. https://doi.org/10.23960/jpp.v11.i2.202109

Husna, A., & Multazim, A. (2019). Students’ Difficulties in Writing Recount Text At Inclusion Classes. LET: Linguistics, Literature and English Teaching Journal, 9(1), 52. https://doi.org/10.18592/let.v9i1.3077

Kane, T. S. (2000). The Oxford Essential Guide to Writing. Barkley Books.

Knapp, P., & Watkins, M. (2005). Genre, text, grammar: Technologies for teaching and assessing writing. In Education (Vol. 17, Issue 2). University of New South Wales Press Ltd.

Komariah, E. (2017). English Curriculum and Instructional Plans (1st ed.). Syiah Kuala University Press.

Komariyah, S. (2012). The Correlation Between the Students’ Simple Past Tense Mastery and Their Paragraph Writing Performance At the Tenth Class of Smk Muhammadiyah 1 Metro Academic Year 2011/2012. 1(1), 77–83.

Lestari, S. (2009). Upaya Meningkatkan Keterampilan Menulis Siswa Dengan Pendekatan Kontekstual. In Journal of education.

Mailani, F. D. (2021). A Correlational Study Between Students’ Past Tense Mastery and Their Writing Skill in Recount Text at Eleventh Grade of MA Mathalibul Huda Mlonggo in Academic Year of 2020/2021. Islamic University of Nahdatul Ulama Jepara.

Marczyk, G., DeMatteo, D., & Festinger, D. (2005). Essentials of Research Design and Metodology. John Wiley & Sons, Inc.

Murdani, O., & Mukhaiyar. (2020). The correlation between students’ mastery in Simple Past Tense with the ability of writing Recount Text. Journal of English Language Teaching, 9(4), 4–7. https://doi.org/10.24036/jelt.v9i4.117904

Sugiyono. (2015). Metode Penelitian Pendidikan: Pendekatan Kualitatif, Kuantitatif, dan R&D. Alfabeta.

Weigle, S. C. (2002). Assessing Writing. Cambridge University Press.




DOI: https://doi.org/10.30998/sinastra.v1i0.6123

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


                                                                                              

Penerbit: Universitas Indraprasta PGRI

Alamat: TB. Simatupang, Jl. Nangka Raya No.58 C, RT.5/RW.5, Tanjung Barat, Kec. Jagakarsa, Jakarta Selatan, Provinsi DKI Jakarta, 12530, Indonesia

Telepon: +62 (021) 7818718 – 78835283 | Tutup pada hari Minggu dan hari libur nasional di Indonesia

Jam Kerja: Pukul 09.00--16.00 WIB

Creative Commons License

SINASTRA: Prosiding Seminar Nasional Bahasa, Seni, dan Sastra is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.