Penerapan Aplikasi Duolingo dalam Meningkatkan Penguasaaan Kosakata Siswa Kelas VII SMPN 43 Jakarta Selatan

Elsa Lovantika

Sari


Penelitian bertujuan untuk mengetahui cara menerapkan media Duolingo dalam meningkatkan penguasaan kosakata siswa. Penelitian ini termasuk kedalam penelitian tindakan kelas dengan subjek penelitian siswa kelas VII yang berjumlah 36 siswa. Desain penelitian ini menggunakan metode Kemmis dan Mc. Taggart yang dilaksanakan dalam dua siklus. Setiap siklus memiliki komponen tindakan yang terdiri dari meyusun perencanaan, melaksanakan tindakan, melaksanakan pengamatan dan melakukan refleksi. Teknik pencatatan data dengan menggunakan wawancara, catatan lapangan dan tes. Instrument penelitiannya yaitu peneliti, kisi-kisi wawancara, observasi, dokumentasi (laporan siklus, RPP dan materi, tes, foto kegiatan). Media pembelajaran dalam penelitian ini adalah media Duolingo. Berdasarkan hasil penelitian menunjukan bahwa penggunaan media Duolingo dapat meningkatkan kemampuan kosakata siswa dengan hasil tes dari siklus I sebesar 33,33% dan siklus II sebesar 79,41%,  terjadi peningkatan dari siklus I  ke siklus II sebesar 46,08%. Jumlah siswa tuntas belajar pada siklus I sebanyak 11 siswa dan pada siklus II sebanyak 27 siswa.

 

Kata Kunci: Mengajar; Kosakata; Duolingo; Bahasa Inggris

Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Aqib, Zainal, dkk. 2011. Penelitian Tindakan Kelas untuk Guru SD, SLB, dan TK. Bandung:

Yrama Widya

Depdiknas .(2003). Undang-undang RI No.20 tahun 2003. tentang sistem

pendidikan nasional.

Coghill, Jeffrey and Stacy Magendanz. (2003). English Grammar. New York:

Wiley Publishing, Inc.

Keraf, Gorys. (2010). Argumentasi Dan Narasi. Jakarta: PT Gramedia.

Tarigan. (2015). Menulis sebagai suatu keterampilan berbahasa. Bandung:

Angkasa.

Dykes, Barbara. (2007). Grammar for Everyone: Vivtoria: Acer Press

White, K. (2017). “Duolingo: All the Buzz.” The linguistic. Vol/53 No/1 2014.

Jaskova, V. (2014)." Duolingo as a New Language-Learning Website and Its

Contribution to e-Learning Education".

P, Munday. (2016). The Case for Using Duolingo as Part of the Language

Classroom Experience.

Kapp, K. (2013). The Gamification of Learning and Instruction: GameBased

Methods and Strategies for Training and Education. San Fransisco, CA : John Wiley & Sons.

Moleong Lexy J., (2001) Metodologi Penelitian Kualitatif, PT Remaja Rosda Karya:

Bandung

Widoyoko, Eko Putro. (2014). Teknik Penyusunan Instrumen Penelitian. Yogyakarta :

Pustaka Pelajar.

Sugiyono. (2008). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung:

Alfabeta




DOI: https://doi.org/10.30998/sinastra.v1i0.6124

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


                                                                                              

Penerbit: Universitas Indraprasta PGRI

Alamat: TB. Simatupang, Jl. Nangka Raya No.58 C, RT.5/RW.5, Tanjung Barat, Kec. Jagakarsa, Jakarta Selatan, Provinsi DKI Jakarta, 12530, Indonesia

Telepon: +62 (021) 7818718 – 78835283 | Tutup pada hari Minggu dan hari libur nasional di Indonesia

Jam Kerja: Pukul 09.00--16.00 WIB

Creative Commons License

SINASTRA: Prosiding Seminar Nasional Bahasa, Seni, dan Sastra is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.