Penerapan Aplikasi Duolingo dalam Meningkatkan Penguasaaan Kosakata Siswa Kelas VII SMPN 43 Jakarta Selatan
Sari
Penelitian bertujuan untuk mengetahui cara menerapkan media Duolingo dalam meningkatkan penguasaan kosakata siswa. Penelitian ini termasuk kedalam penelitian tindakan kelas dengan subjek penelitian siswa kelas VII yang berjumlah 36 siswa. Desain penelitian ini menggunakan metode Kemmis dan Mc. Taggart yang dilaksanakan dalam dua siklus. Setiap siklus memiliki komponen tindakan yang terdiri dari meyusun perencanaan, melaksanakan tindakan, melaksanakan pengamatan dan melakukan refleksi. Teknik pencatatan data dengan menggunakan wawancara, catatan lapangan dan tes. Instrument penelitiannya yaitu peneliti, kisi-kisi wawancara, observasi, dokumentasi (laporan siklus, RPP dan materi, tes, foto kegiatan). Media pembelajaran dalam penelitian ini adalah media Duolingo. Berdasarkan hasil penelitian menunjukan bahwa penggunaan media Duolingo dapat meningkatkan kemampuan kosakata siswa dengan hasil tes dari siklus I sebesar 33,33% dan siklus II sebesar 79,41%, terjadi peningkatan dari siklus I ke siklus II sebesar 46,08%. Jumlah siswa tuntas belajar pada siklus I sebanyak 11 siswa dan pada siklus II sebanyak 27 siswa.
Kata Kunci: Mengajar; Kosakata; Duolingo; Bahasa Inggris
Teks Lengkap:
PDFReferensi
Aqib, Zainal, dkk. 2011. Penelitian Tindakan Kelas untuk Guru SD, SLB, dan TK. Bandung:
Yrama Widya
Depdiknas .(2003). Undang-undang RI No.20 tahun 2003. tentang sistem
pendidikan nasional.
Coghill, Jeffrey and Stacy Magendanz. (2003). English Grammar. New York:
Wiley Publishing, Inc.
Keraf, Gorys. (2010). Argumentasi Dan Narasi. Jakarta: PT Gramedia.
Tarigan. (2015). Menulis sebagai suatu keterampilan berbahasa. Bandung:
Angkasa.
Dykes, Barbara. (2007). Grammar for Everyone: Vivtoria: Acer Press
White, K. (2017). “Duolingo: All the Buzz.” The linguistic. Vol/53 No/1 2014.
Jaskova, V. (2014)." Duolingo as a New Language-Learning Website and Its
Contribution to e-Learning Education".
P, Munday. (2016). The Case for Using Duolingo as Part of the Language
Classroom Experience.
Kapp, K. (2013). The Gamification of Learning and Instruction: GameBased
Methods and Strategies for Training and Education. San Fransisco, CA : John Wiley & Sons.
Moleong Lexy J., (2001) Metodologi Penelitian Kualitatif, PT Remaja Rosda Karya:
Bandung
Widoyoko, Eko Putro. (2014). Teknik Penyusunan Instrumen Penelitian. Yogyakarta :
Pustaka Pelajar.
Sugiyono. (2008). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung:
Alfabeta
DOI: https://doi.org/10.30998/sinastra.v1i0.6124
Refbacks
- Saat ini tidak ada refbacks.
Penerbit: Universitas Indraprasta PGRI
Alamat: TB. Simatupang, Jl. Nangka Raya No.58 C, RT.5/RW.5, Tanjung Barat, Kec. Jagakarsa, Jakarta Selatan, Provinsi DKI Jakarta, 12530, Indonesia
Telepon: +62 (021) 7818718 – 78835283 | Tutup pada hari Minggu dan hari libur nasional di Indonesia
Jam Kerja: Pukul 09.00--16.00 WIB
SINASTRA: Prosiding Seminar Nasional Bahasa, Seni, dan Sastra is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.