Analisis Respons Masyarakat Menggunakan Fitur Cerita Instagram (Jajak Pendapat) Sebagai Pemanfaatan Media Pembelajaran Bahasa

Anggi Laila Qodriyah, Zakia Zakia, Marita Widia Sari, Ferdinanda Dolfina Watumlawar, Putri Rahmadani Kurniawan, Anisa Putri Bintari, Ainur Rofiqoh

Sari


Penggunaan teknologi komunikasi dapat mempermudah proses pembelajaran dan mendukung peningkatan kualitas pembelajaran. Pendidik akan lebih mudah dalam menjelaskan materi pembelajaran di luar jam sekolah, dan materi yang diberikan pun akan lebih mudah dijangkau oleh pelajar. Salah satu teknologi yang dapat dimanfaatkan dalam pembelajaran yaitu media sosial Instagram. Melalui media sosial ini, para pengguna Instagram dapat membuat dan mengakses konten bermanfaat yang memudahkannya dalam proses pembelajaran. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis respons masyarakat dalam pembelajaran bahasa, dan untuk meningkatkan pengetahuan masyarakat terkait penggunaan huruf kapital dengan menggunakan fitur cerita Instagram (jajak pendapat). Adapun metode yang digunakan adalah metode survei. Data penelitian ini berupa hasil jajak pendapat pengguna Instagram. Berdasarkan hasil jajak pendapat tersebut, dapat diketahui bahwa rata-rata persentase keseluruhan jawaban benar sebesar 88% dan rata-rata persentase keseluruhan jawaban salah sebesar 12%. Implikasi yang muncul dari penelitian ini menunjukkan bahwa fitur cerita Instagram dapat berpeluang untuk menjadi media pembelajaran bahasa Indonesia khususnya dalam meningkatkan pengetahuan masyarakat terkait penggunaan huruf kapital. 

Kata kunci: Instagram; Pembelajaran Bahasa; Respons; Huruf Kapital

Referensi


Krisdalaksana, Harimurti. 2008. Kamus Linguistik Edisi Keempat. Jakarta: PT Gramedia Pustaka Utama.

Departemen Pendidikan Nasional. 2008. Kamus Besar Bahasa Indonesia Edisi Keempat. Jakarta: PT Gramedia Pustaka Utama.

Depdiknas. 2006. Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan (KTSP) untuk Sekolah Dasar/MI. Jakarta: Terbitan Depdiknas.

Hilir, Alwi. 2021. Pengembangan Teknologi Pendidikan Peranan Pendidik dalam Menggunakan Media Pembelajaran. Klaten: Penerbit Lakeisha.

Hilir, Alwi. 2021. Teknologi Pendidikan di Abad Digital. Klaten: Penerbit Lakeisha.

Santosa, Puji dan Djamari. 2015. Strategi Pembelajaran Sastra pada Era Globalisasi. Yogyakarta: Azzagrafika.

Setyowati, Lestari dkk. 2020. Beradaptasi dengan Perubahan: Pembelajaran Bahasa dan Sastra di Masa Pandemi. Sidoarjo: Delta Pijar Khatulistiwa.

A., Annisa Zubaidah Arifah dkk. Prosiding Penggunaan Media Sosial Instagram dalam Pembelajaran Bahasa, Sastra dan Budaya pada Era Digital. Universitas Negeri Malang.




DOI: https://doi.org/10.30998/sinastra.v1i0.6162

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


                                                                                              

Penerbit: Universitas Indraprasta PGRI

Alamat: TB. Simatupang, Jl. Nangka Raya No.58 C, RT.5/RW.5, Tanjung Barat, Kec. Jagakarsa, Jakarta Selatan, Provinsi DKI Jakarta, 12530, Indonesia

Telepon: +62 (021) 7818718 – 78835283 | Tutup pada hari Minggu dan hari libur nasional di Indonesia

Jam Kerja: Pukul 09.00--16.00 WIB

Creative Commons License

SINASTRA: Prosiding Seminar Nasional Bahasa, Seni, dan Sastra is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.