Analisis Iklan Extra Joss Stamina Plus Nyali dengan Teori Semiotika

Ahmad Faisal, Bagus Jamaludin, Teguh Panji Prasetyo

Sari


Analisis ini bertujuan untuk menambah pengetahuan tentang makna dan simbol-simbol yang terdapat pada iklan minuman energi “Extra Joss” dengan tagline “Stamina Untuk Nyali”, dimana tagline itu sudah terlihat sangat jelas bahwa itu minuman yang ditujukan kepada kaum laki-laki, tetapi meskipun begitu minuman ini tentu boleh diminum oleh kaum perempuan. Minuman energi dengan rasa yang enak dan mengandung banyak vitamin, minuman yang sangat cocok diminum ketika habis lelah bekerja. Dalam analisis ini juga kami menentukan bahasa nonverbal yang digunakan dalam penyampaian iklan. Penelitian ini adalah penelitian deskriptif kualitatif, jenis penelitian deskriptif kualitatif merupakan sebuah metode penelitian yang memanfaatkan data kualitatif dan dijabarkan sejara deskriptif. Pendekatan yang kami
digunakan menggunakan pendekatan Semiotika Roland Barthes, untuk mengetahui makna penyampaian iklan secara konotatif dan juga secara denotatif. Konotatif adalah makna yang diterima oleh pengamat setelah melihat sesuatu, sedangkan denotatif adalah pesan yang memang ingin disampaikan secara tersurat oleh si pembuat iklan. Selain menurut Roland Barthes kami juga menggunakan teori dari Abne Eisenberg dan Ralph Smith untuk menganalisis bentuk komunikasi secara nonverbal, berdasarkan tiga aspek yaitu kinesik atau gerak tubuh, proksemik atau tentang ruang, dan paralinguistik atau tentang bunyi atau suara.


Kata Kunci: Extra Joss; Maskulin; Energi; Laki-laki.


Referensi


Fiske, J. (2012). Pengantar Ilmu Komunikasi. Jakarta: Rajawali Pers

Lustyantie, N. (2012), Pendekatan Semiotik Model Roland Barthes Dalam Karya Sastra

Prancis. https://pps.unj.ac.id/publikasi/dosen/ninuk.lustyantie/16.pdf . Diakses

pada 30 Juni 2022

Puteri, B. (2017). Analisis Semiotik Iklan-Iklan Aqua Di Televisi. PARAMASASTRA. Vol.1

(No.1) : no. 160-176. Th. 2017. Diakses pada 12 Juli 2022

Rachman, T. (2021). Implementasi Kinesik, Proksemik, Paralinguistik dan Self Disclosure

Dalam Komunikasi Antarpribadi. Jurnal Semiotika. Vol.15 (No.2) : no. 184-192.

Th. 2021. Diakses pada 30 Juni 2022

Rachmani, N. (2015). Analisis Semiotik Iklan Ades Versi (Langkah Kecil Memberikan

Perubahan) Dalam Menyingkap Pesan Tersembunyi Tentang Kepedulian

Lingkungan Hidup. Journal Ilmu Komunikasi. Vol.3 (No.2) no : 432-446 Th. 2015.

Diakses pada 12 Juli 2022

Rohmaniah, A. (2021). Kajian Semiotika Roland Barthes. Volume 2 Nomor 2 Juli 2021.

https://doi.org/10.51339/ittishol.v2i2.308. Diakses pada 30 Juni 2022

Supriyo, S. (2011). Pemaknaan Iklan Extra Joss Versi Laki di Televisi.

http://eprints.upnjatim.ac.id/2654/1/file1.pdf. Diakses pada 30 Juni 2022




DOI: https://doi.org/10.30998/sinastra.v1i0.6169

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


                                                                                              

Penerbit: Universitas Indraprasta PGRI

Alamat: TB. Simatupang, Jl. Nangka Raya No.58 C, RT.5/RW.5, Tanjung Barat, Kec. Jagakarsa, Jakarta Selatan, Provinsi DKI Jakarta, 12530, Indonesia

Telepon: +62 (021) 7818718 – 78835283 | Tutup pada hari Minggu dan hari libur nasional di Indonesia

Jam Kerja: Pukul 09.00--16.00 WIB

Creative Commons License

SINASTRA: Prosiding Seminar Nasional Bahasa, Seni, dan Sastra is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.