Analisis Iklan Extra Joss Stamina Plus Nyali dengan Teori Semiotika
Sari
Analisis ini bertujuan untuk menambah pengetahuan tentang makna dan simbol-simbol yang terdapat pada iklan minuman energi “Extra Joss” dengan tagline “Stamina Untuk Nyali”, dimana tagline itu sudah terlihat sangat jelas bahwa itu minuman yang ditujukan kepada kaum laki-laki, tetapi meskipun begitu minuman ini tentu boleh diminum oleh kaum perempuan. Minuman energi dengan rasa yang enak dan mengandung banyak vitamin, minuman yang sangat cocok diminum ketika habis lelah bekerja. Dalam analisis ini juga kami menentukan bahasa nonverbal yang digunakan dalam penyampaian iklan. Penelitian ini adalah penelitian deskriptif kualitatif, jenis penelitian deskriptif kualitatif merupakan sebuah metode penelitian yang memanfaatkan data kualitatif dan dijabarkan sejara deskriptif. Pendekatan yang kami
digunakan menggunakan pendekatan Semiotika Roland Barthes, untuk mengetahui makna penyampaian iklan secara konotatif dan juga secara denotatif. Konotatif adalah makna yang diterima oleh pengamat setelah melihat sesuatu, sedangkan denotatif adalah pesan yang memang ingin disampaikan secara tersurat oleh si pembuat iklan. Selain menurut Roland Barthes kami juga menggunakan teori dari Abne Eisenberg dan Ralph Smith untuk menganalisis bentuk komunikasi secara nonverbal, berdasarkan tiga aspek yaitu kinesik atau gerak tubuh, proksemik atau tentang ruang, dan paralinguistik atau tentang bunyi atau suara.
Kata Kunci: Extra Joss; Maskulin; Energi; Laki-laki.
Referensi
Fiske, J. (2012). Pengantar Ilmu Komunikasi. Jakarta: Rajawali Pers
Lustyantie, N. (2012), Pendekatan Semiotik Model Roland Barthes Dalam Karya Sastra
Prancis. https://pps.unj.ac.id/publikasi/dosen/ninuk.lustyantie/16.pdf . Diakses
pada 30 Juni 2022
Puteri, B. (2017). Analisis Semiotik Iklan-Iklan Aqua Di Televisi. PARAMASASTRA. Vol.1
(No.1) : no. 160-176. Th. 2017. Diakses pada 12 Juli 2022
Rachman, T. (2021). Implementasi Kinesik, Proksemik, Paralinguistik dan Self Disclosure
Dalam Komunikasi Antarpribadi. Jurnal Semiotika. Vol.15 (No.2) : no. 184-192.
Th. 2021. Diakses pada 30 Juni 2022
Rachmani, N. (2015). Analisis Semiotik Iklan Ades Versi (Langkah Kecil Memberikan
Perubahan) Dalam Menyingkap Pesan Tersembunyi Tentang Kepedulian
Lingkungan Hidup. Journal Ilmu Komunikasi. Vol.3 (No.2) no : 432-446 Th. 2015.
Diakses pada 12 Juli 2022
Rohmaniah, A. (2021). Kajian Semiotika Roland Barthes. Volume 2 Nomor 2 Juli 2021.
https://doi.org/10.51339/ittishol.v2i2.308. Diakses pada 30 Juni 2022
Supriyo, S. (2011). Pemaknaan Iklan Extra Joss Versi Laki di Televisi.
http://eprints.upnjatim.ac.id/2654/1/file1.pdf. Diakses pada 30 Juni 2022
DOI: https://doi.org/10.30998/sinastra.v1i0.6169
Refbacks
- Saat ini tidak ada refbacks.
Penerbit: Universitas Indraprasta PGRI
Alamat: TB. Simatupang, Jl. Nangka Raya No.58 C, RT.5/RW.5, Tanjung Barat, Kec. Jagakarsa, Jakarta Selatan, Provinsi DKI Jakarta, 12530, Indonesia
Telepon: +62 (021) 7818718 – 78835283 | Tutup pada hari Minggu dan hari libur nasional di Indonesia
Jam Kerja: Pukul 09.00--16.00 WIB
SINASTRA: Prosiding Seminar Nasional Bahasa, Seni, dan Sastra is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.