Analisis Semiotika Charles Shanders Pierce Logo Pertamina

Dimas Prayoga Pangestu Tama, Nur Asyifa Umahat, Yudistira Dwi Diansyah

Sari


Logo merupakan suatu identitas perusahaan bisa juga disebut dengan simbol, tanda gambar, atau merek dagang yang fungsinya yaitu sebagai identitas diri suatu badan usaha dan tanda pengenal yang merupakan ciri khas perusahaan. Identitas suatu perusahaan merupakan cerminan dari visi dan misi suatu badan usaha yang divisualisasikan ke dalam bentuk logo. Sebuah identitas perusahaan dalam bentuk nama dan logo perusahaan menjadi faktor penentu dalam menjual produk karena logo maupun nama yang mencerminkan ciri khas pada perusahaan tersebut, konsumen/nasabah dapat mengetahui siapa produsen barang atau jasa yang mereka beli. Untuk menampilkan jati diri suatu perusahaan, biasanya nama dan logo suatu perusahaan dipasang diberbagai barang milik perusahaan seperti kartu nama, kop surat, pulpen, mug, brosur, web page, iklan, baliho dan lain-lain. Kajian ini akan membahas lebih dalam makna dari logo Pertamina. Dalam kajian ini, penulis akan menggunakan teori Semiotika Charles Sanders Pierce dengan metode deskriptif kualitatif dalam menganalisis, menafsirkan tanda visual tersirat pada logo pertamina. Berdasarkan hasil pengkajian ini dapat disimpulkan bahwa Logo pertamina terdapat Bentuk, Warna,dan  Tipografi yang  sesuai dengan visi baru Pertamina yaitu menjadi perusahaan energi kelas dunia.

 

Kata Kunci: Logo;Pertamina;Charles Shanders Pierce;Semiotika


Referensi


Aryani, W,& Toni, A. (2020). Analisis Semiotika Charles Sanders Pierce pada Logo PT Bank Mega Syariah. Syntax Idea, 2(11), 962-973

Barna, Finna, Putri. (2010) Analisis faktor-faktor yang mempengaruhi preferensi nasabah Bank Syariah (studi kasus pada Bank Mega Syariah KCP Panglima Polim).

Sardila,V. (2016). Analisis Semiotika pada Tunjuk Ajar Melayu Sebagai Pendekatan Pemahaman Makna Dalam Komunikasi, Jurnal Risalah, 27(2), 87-96.

Setiawan,D. (2019). Ikon,Indeks, dan Simbol Pada Lirik Lagu Heartache,Pierce, Dan You’ve Broken My Heart Karya One Ok Rock (Kajian Semiotika). Diponegoro University.

Sobur,Alex. (2009). Semiotika Komunikasi (Cetakan Keempat). Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.




DOI: https://doi.org/10.30998/sinastra.v1i0.6191

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


                                                                                              

Penerbit: Universitas Indraprasta PGRI

Alamat: TB. Simatupang, Jl. Nangka Raya No.58 C, RT.5/RW.5, Tanjung Barat, Kec. Jagakarsa, Jakarta Selatan, Provinsi DKI Jakarta, 12530, Indonesia

Telepon: +62 (021) 7818718 – 78835283 | Tutup pada hari Minggu dan hari libur nasional di Indonesia

Jam Kerja: Pukul 09.00--16.00 WIB

Creative Commons License

SINASTRA: Prosiding Seminar Nasional Bahasa, Seni, dan Sastra is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.