Nilai-Nilai Pendidikan dalam Cerita Hikayat Datuk Hitam dan Bajak Laut Karya Yulita Fitriana dan Implikasinya terhadap Pembelajaran Bahasa Indonesia
Sari
Pada penelitian yang berjudul “Nilai-Nilai Pendidikan Dalam Cerita Hikayat Datuk Hitam Dan Bajak Laut Karya Yulita Fitriana Dan Implikasinya Terhadap Pembelajaran Bahasa Indonesia”. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif. Penelitian ini menggunakan penelitian kualitatif deskriptif karena analisis datanya berupa kata-kata tertulis atau lisan dan mempertimbangkan pendapat orang lain yang bisa disebut dengan narasumber. Metode pengumpulan data yang digunakan yakni analisis data, yaitu proses mencari dan menyusun secara sistematis data yang diperoleh dari hasil wawancara, catatan lapangan, dan bahan-bahan lain, sehingga dapat mudah dipahami, dan temuannya dapat diinformasikan kepada orang lain. Peneliti memaparkan hal yang penting yaitu nilai pendidikan sosial dan nilai pendidikan moral. Berdasarkan hasil analisis data pembahasan, dapat disimpulkan bahwa cerita hikayat Datuk Hitam dan Bajak Laut mengandung nilai-nilai pendidikan. Kalimat yang mengandung nilai-nilai pendidikan yang berjumlah 32 kutipan yang paling mendominasi adalah nilai pendidikan sosial 15 kutipan, dengan jumlah persentase 46,88%, sedangkan nilai pendidikan moral 17 kutipan, dengan persentase sebesar (53,12%).
Kata Kunci: Nilai-nilai Pendidikan, Hikayat
Referensi
Aminuddin, 2015 Halaman 13. Pengantar Apresiasi Karya Sastra. Bandung: Sinar Baru Anglesindo. Arifin, Samsul. 2015. Sukses Menulis Buku Ajar & Referensi. Jakarta: PT. Grasindo.
Fitriana, Yulita (2016). Hikayat Datuk Hitam Dan Bajak Laut. Jakarta: Badan Pengembangan dan Pembinaan Bahasa.
Hidayat, A. 1996. Sastra Melayu Lama dan Raja Rajanya. Jakarta: Dian Rakyat. Hidayati, R. P. P. (2016). Teori Apresiasi Prosa Fiksi. Bandung: FKIP unpas.
Jasmadi, dkk. 2016. Panduan Menyusun Bahan Ajar Berbasis Kompetensi. Jakarta: PT Elex Media Komputindo.
Kosasih, E. (2015). Ketatabahasaan dan kesusastraan cermat berbahasa indonesia. Bandung: CV. Yrama Widya.
Nurgiyantoro, Burhan, 2016. Teori Pengkajian Fiksi. Yogyakarta: Gajah Mada University Press.
Pranoto, Suhartono W. 2014. Teori dan Metodologi Sejarah. Yogyakarta: Graha Ilmu. Priyadi, Sugeng. 2015. Historiografi Indonesia. Yogyakarta: Ombak.
Rismawati. 2017. Perkembangan Sejarah Sastra Indonesia. Banda Aceh: Bina Karya Akademika.
Jannah, Raudlatul. 2015. Analisis Cerita Rakyat Asal usul Desa Batu Basong Kajian Monogenesis dan Kaitannya Dengan Pembelajaran Sastra di SMP. Skripsi. Fkip Universitas Mataram.
Rentarimasa, Eirzikri. 2015. Nilai-nilai Pendidikan Dalam Foklor Cerita Rakyat Sumbawa Paruma Ero dan Batu Asa Serta Relevansinya dengan Pembelajaran Sastra di SMA. Skripsi. Fkip Universitas Mataram.
Rosita, Baiq Dwi Ayu. 2013. Nilai-nilai Pendidikan Cerita Rakyat Lombok “Loq Seseq” dan
Hubungannya dengan Pembelajaran Sastra di SMP. Skripsi. Fkip Universitas Mataram. Suminto, Sayuti A, 2016. Berkelana dengan Puisi. Banten: Percetakan Serang.
Sugiarto, Eko. 2015. Mengenal Sastra Lama : Jenis Definisi, Ciri, Sejarah, dan Contoh. Yogyakarta : Andi Offset.
Taufik Ampera. (2010). Pengajaran sastra teknik mengajar sastra anak berbasis aktivitas. Bandung: Widya Padjadjaran.
Tantawi, Isma. 2017. Bahasa Indonesia Akademik. Bandung: Citapustaka Media.
Widjojoko dan Endang Hidayat, 2015. Teori dan Sejarah Sastra Indonesia. Bandung: UPI Press. Wahyudi Siswanto, Pengantar Teori Sastra, (Jakarta:PT. Grasindo, 2008)
Yudhi Munadi. (2013). Media pembelajaran sebuah pendekatan baru. Jakarta: Referensi (GP Press Group)
Eagleton, Terry. (2010) Teori Sastra: Sebuah Pengantar Komprehensif. (Edisi Terjemahan Harfiah Widyawati dan Evi Setyarini). Yogyakarta:Jalasutra.
Endraswar, Suwardi. 2013. Sosiologi Sastra: Studi Teori dan Interpretasi. Jogyakarta : Penerbit Ombak.
Faruk. 2014. Metode Penelitian Sastra : Sebuah Penjelajahan Awal. Jogyakarta Pustaka Pelajar. Sugiyono. 2012. Metode Penelitian Pendidikan, Bandung: Alfabeta.
Wiryanota, Satra. 2016. Nilai-nilai Pendidikan Dalam Cerita Rakyat Balang Kesimbar Dan Hubungannya Dengan Pembelajaran Di SMP. Skripsi. Fkip Universitas Mataram
DOI: https://doi.org/10.30998/sinastra.v1i0.6209
Refbacks
- Saat ini tidak ada refbacks.
Penerbit: Universitas Indraprasta PGRI
Alamat: TB. Simatupang, Jl. Nangka Raya No.58 C, RT.5/RW.5, Tanjung Barat, Kec. Jagakarsa, Jakarta Selatan, Provinsi DKI Jakarta, 12530, Indonesia
Telepon: +62 (021) 7818718 – 78835283 | Tutup pada hari Minggu dan hari libur nasional di Indonesia
Jam Kerja: Pukul 09.00--16.00 WIB
SINASTRA: Prosiding Seminar Nasional Bahasa, Seni, dan Sastra is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.