Pengaruh Minat Baca dan Penguasaan Kosakata terhadap Kemampuan Menulis Narasi Bahasa Indonesia
Abstract
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui 1) Pengaruh minat baca dan penguasaan kosakata secara bersama-sama terhadap kemampuan menulis narasi bahasa Indonesia siswa SMK Swasta di Jakarta Selatan. 2) Pengaruh minat baca terhadap kemampuan menulis narasi bahasa Indonesia siswa SMK Swasta di Jakarta Selatan. 3) Pengaruh penguasaan kosakata terhadap kemampuan menulis narasi bahasa Indonesia siswa SMK Swasta di Jakarta Selatan. Pada penelitian ini, penulis menggunakan metode survei yaitu dengan mendatangi langsung objek penelitian, sedangkan pendekatan analisis yang digunakan adalah analisis korelasional. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas XI SMK Kahuripan berjumlah 1080 siswa. Sampel dalam penelitian ini berjumlah 100 siswa. Hasil penelitian yang diperoleh menyimpulkan : 1) Terdapat pengaruh yang signifikan minat baca dan penguasaan kosakata secara bersama-sama terhadap kemampuan menulis narasi bahasa Indonesia siswa SMK swasta di Jakarta Selatan. Hal ini dibuktikan dengan nilai Sig = 0,000 < 0,05 dan Fhitung = 30,004. 2) Terdapat pengaruh yang signifikan minat baca terhadap kemampuan menulis narasi bahasa Indonesia siswa SMK swasta di Jakarta Selatan. Hal ini dibuktikan dengan nilai Sig = 0,037 < 0,05 dan thitung = 2,110. 3) Terdapat pengaruh yang signifikan penguasaan kosakata terhadap kemampuan menulis narasi bahasa Indonesia siswa SMK swasta di Jakarta Selatan. Hal ini dibuktikan dengan nilai Sig = 0,033 < 0,05 dan thitung = 3,163
Kata Kunci: Minat Baca, Penguasaan Kosakata dan Kemampuan Menulis Narasi Bahasa Indonesia
Full Text:
PDFReferences
Abbas, S. (2006). Pembelajaran bahasa Indonesia yang efektif di sekolah. dasar. Jakarta: Dirjen Dikti Depdiknas
Akhadiah, S. (2002). Pembinaan kemampuan menulis bahasa. Indonesia. Jakarta: Gelora Aksara Pratama
Alwi H. (2005). Kamus Besar Bahasa Indonesia. Jakarta : Departemen Pendidikan. Nasional Balai Pustaka
Arikunto, S. (2010). Prosedur penelitian : Suatu Pendekatan Praktik. (Edisi. Revisi). Jakarta : Rineka Cipta.
Al-Qarni, A. (2005). La Tahzan jangan Bersedih. Jakarta: Qisthi Press
Brown, H. G. (2001). Teaching by principles: interactive approach to language. pedagogy. New York : San Francisco State University
DeCarrico, J and Larsen-Freeman, (2002), Grammar, an introduction to applied linguistic, London : Hodder Education
Effendy, O.U. (2005). Ilmu teori dan filsafat komunikasi. Bandung: Citra Aditya Bakti.
Ghazali, S. (2010). Pembelajaran keterampilan berbahasa. Bandung : Refika Aditama
Hurlock, E. (2004). Psikologi perkembangan. Jakarta : PT Gramedia Pustaka.
Keraf, G. (2010). Kosakata bahasa Indonesia. Jakarta : PT. Gramedia. Pustaka
------------------- (2007). Eksposisi dan deskripsi. Jakarta : Nusa Indah.
Mulyati, Y. (2011). Keterampilan berbahasa Indonesia. Jakarta: Universitas Terbuka.
Nurhadi, (2000), Membaca cepat dan efektif, Bandung : Sinar Baru
Nurjamal, D. (2011). Terampil berbahasa. Bandung: Alfabeta
Nurgiyantoro, B. (2001). Menulis secara populer. Jakarta: Pustaka Jaya
Poerwadarminta. (2007). Kamus umum bahasa Indonesia. Jakarta: PN Balai. Pustaka
Purwanto, N. (2003), Psikologi pendidikan, Bandung : Remaja Rosda Karya
Rachmawati, F. (2005), Indahnya bahasa dan sastra Indonesia, Jakarta : Departemen Pendidikan Nasional
Rahim, F. (2008). Persiapan membaca di sekolah dasar. Jakarta : Bumi Aksara
Riduwan. (2004), Metode dan teknik menyusun tesis, Bandung : Alfabeta
Riwayadi & Aisyah, (2007), Kamus- Inggris – Indonesia, Surabaya : Sinar Terang
Rohman, F. (2005), Pengembangan pembelajaran membaca, Jawa Tengah : Dinas Pengembangan Tenaga Kependidikan
Santoso, S. (2000), Buku latihan SPSS statistik parametrik, Jakarta : PT Elex Media.
Sudjana, (2006). Metode statistika, Bandung: Penerbit Tarsito
Sulastri. (2008). Peningkatan keterampilan berbicara formal dalam bahasa Indonesia melalui gelar wicara. Jakarta: UNJ.
Saputra, Y.M dan Rudyanto, (2005), Pembelajaran kooperatif untuk meningkatkan keterampilan anak, Jakarta : Depdiknas
Sardiman, A.M. (2001). Interaksi dan motivasi belajar mengajar. Jakarta: Raja Grafindo
Slameto, (2010). Belajar dan faktor-faktor yang mempengaruhinya. Jakarta: Rineka Cipta
Slamet. (2008). Dasar-dasar Keterampilan Berbahasa Indonesia. Surakarta: UNS Press.
Sugiyono. (2003). Metode penelitian bisnis. Edisi 1, Bandung : Alfabeta
Suhartono, (2005), Pengembangan keterampilan bicara anak usia dini, Jakarta : Grasindo
Sukardi, D.K. (2002). Pengantar pelaksanaan program imbingan dan konseling di Sekolah. Jakarta : Rineka Cipta.
Suriamiharja, (2006). Petunjuk praktis menulis. Jakarta: Departemen. Pendidikan dan Kebudayaan Direktorat Jenderal Pendidika
Surya, M. (2003). Psikologi pembelajaran dan pengajaran. Jakarta: Mahaputra
Suryabrata, S. (2003). Psikologi pendidikan. Jakarta: Raja Grafindo Persada
Tarigan, HG. (2005).Membaca sebgai suatu keterampilan berbahasa, Bandung : Angkasa
Tarigan, HG. (2008). Menulis sebagai suatu keterampilan berbahasa. Bandung : Angkasa
Tampubolon, (2001), Mengembangkan Minat dan Kebiasaan Membaca Pada Anak, Bandung : Angkasa
Wiedarti, P. (2005). Menuju budaya menulis, suatu bunga rampai. Yogyakarta. Tiara Wacana.
Wiryodijoyo, Suwaryo. (2001). Membaca: strategi, pengantar, dan tekniknya, Yogyakarta : Aksara
Yamin, M. (2006), Kiat membelajarkan siswa, Jakarta : Gaung Persada Press
DOI: https://doi.org/10.30998/senndika.v1i1.7371
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2024 SENNDIKA: Prosiding Seminar Nasional Pendidikan
(Pascasarjana) Universitas Indraprasta PGRI
Kampus A Building 2, 3nd Floor | Jl. Nangka No. 58 C (TB. Simatupang), Kel. Tanjung Barat, Kec. Jagakarsa, Jakarta Selatan 12530, Jakarta, Indonesia.
Tlp. (021) 78835283