Pengaruh Minat Baca dan Penguasaan Kosakata terhadap Kemampuan Menulis Narasi Bahasa Indonesia

Kimico Margaretha Tjhia

Abstract


Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui 1) Pengaruh minat baca dan penguasaan kosakata secara bersama-sama terhadap kemampuan menulis narasi bahasa Indonesia siswa SMK Swasta di Jakarta Selatan. 2) Pengaruh minat baca terhadap kemampuan menulis narasi bahasa Indonesia siswa SMK Swasta di Jakarta Selatan. 3) Pengaruh penguasaan kosakata terhadap kemampuan menulis narasi bahasa Indonesia siswa SMK Swasta di Jakarta Selatan. Pada penelitian ini, penulis menggunakan metode survei yaitu dengan mendatangi langsung objek penelitian, sedangkan pendekatan analisis yang digunakan adalah analisis korelasional. Populasi dalam penelitian ini adalah  siswa kelas XI SMK Kahuripan berjumlah 1080 siswa. Sampel dalam penelitian ini berjumlah 100 siswa. Hasil penelitian yang diperoleh menyimpulkan : 1) Terdapat pengaruh yang signifikan minat baca dan penguasaan kosakata secara bersama-sama terhadap kemampuan menulis narasi bahasa Indonesia siswa SMK swasta di Jakarta Selatan. Hal ini dibuktikan dengan nilai Sig = 0,000 < 0,05 dan Fhitung = 30,004. 2) Terdapat pengaruh yang signifikan minat baca terhadap kemampuan menulis narasi bahasa Indonesia siswa SMK swasta di Jakarta Selatan. Hal ini dibuktikan dengan nilai Sig = 0,037 < 0,05 dan thitung = 2,110. 3) Terdapat pengaruh yang signifikan penguasaan kosakata terhadap kemampuan menulis narasi bahasa Indonesia siswa SMK swasta di Jakarta Selatan.  Hal ini dibuktikan dengan nilai Sig = 0,033 < 0,05 dan  thitung = 3,163

 

Kata Kunci: Minat Baca, Penguasaan Kosakata dan Kemampuan Menulis Narasi Bahasa Indonesia

Full Text:

PDF

References


Abbas, S. (2006). Pembelajaran bahasa Indonesia yang efektif di sekolah. dasar. Jakarta: Dirjen Dikti Depdiknas

Akhadiah, S. (2002). Pembinaan kemampuan menulis bahasa. Indonesia. Jakarta: Gelora Aksara Pratama

Alwi H. (2005). Kamus Besar Bahasa Indonesia. Jakarta : Departemen Pendidikan. Nasional Balai Pustaka

Arikunto, S. (2010). Prosedur penelitian : Suatu Pendekatan Praktik. (Edisi. Revisi). Jakarta : Rineka Cipta.

Al-Qarni, A. (2005). La Tahzan jangan Bersedih. Jakarta: Qisthi Press

Brown, H. G. (2001). Teaching by principles: interactive approach to language. pedagogy. New York : San Francisco State University

DeCarrico, J and Larsen-Freeman, (2002), Grammar, an introduction to applied linguistic, London : Hodder Education

Effendy, O.U. (2005). Ilmu teori dan filsafat komunikasi. Bandung: Citra Aditya Bakti.

Ghazali, S. (2010). Pembelajaran keterampilan berbahasa. Bandung : Refika Aditama

Hurlock, E. (2004). Psikologi perkembangan. Jakarta : PT Gramedia Pustaka.

Keraf, G. (2010). Kosakata bahasa Indonesia. Jakarta : PT. Gramedia. Pustaka

------------------- (2007). Eksposisi dan deskripsi. Jakarta : Nusa Indah.

Mulyati, Y. (2011). Keterampilan berbahasa Indonesia. Jakarta: Universitas Terbuka.

Nurhadi, (2000), Membaca cepat dan efektif, Bandung : Sinar Baru

Nurjamal, D. (2011). Terampil berbahasa. Bandung: Alfabeta

Nurgiyantoro, B. (2001). Menulis secara populer. Jakarta: Pustaka Jaya

Poerwadarminta. (2007). Kamus umum bahasa Indonesia. Jakarta: PN Balai. Pustaka

Purwanto, N. (2003), Psikologi pendidikan, Bandung : Remaja Rosda Karya

Rachmawati, F. (2005), Indahnya bahasa dan sastra Indonesia, Jakarta : Departemen Pendidikan Nasional

Rahim, F. (2008). Persiapan membaca di sekolah dasar. Jakarta : Bumi Aksara

Riduwan. (2004), Metode dan teknik menyusun tesis, Bandung : Alfabeta

Riwayadi & Aisyah, (2007), Kamus- Inggris – Indonesia, Surabaya : Sinar Terang

Rohman, F. (2005), Pengembangan pembelajaran membaca, Jawa Tengah : Dinas Pengembangan Tenaga Kependidikan

Santoso, S. (2000), Buku latihan SPSS statistik parametrik, Jakarta : PT Elex Media.

Sudjana, (2006). Metode statistika, Bandung: Penerbit Tarsito

Sulastri. (2008). Peningkatan keterampilan berbicara formal dalam bahasa Indonesia melalui gelar wicara. Jakarta: UNJ.

Saputra, Y.M dan Rudyanto, (2005), Pembelajaran kooperatif untuk meningkatkan keterampilan anak, Jakarta : Depdiknas

Sardiman, A.M. (2001). Interaksi dan motivasi belajar mengajar. Jakarta: Raja Grafindo

Slameto, (2010). Belajar dan faktor-faktor yang mempengaruhinya. Jakarta: Rineka Cipta

Slamet. (2008). Dasar-dasar Keterampilan Berbahasa Indonesia. Surakarta: UNS Press.

Sugiyono. (2003). Metode penelitian bisnis. Edisi 1, Bandung : Alfabeta

Suhartono, (2005), Pengembangan keterampilan bicara anak usia dini, Jakarta : Grasindo

Sukardi, D.K. (2002). Pengantar pelaksanaan program imbingan dan konseling di Sekolah. Jakarta : Rineka Cipta.

Suriamiharja, (2006). Petunjuk praktis menulis. Jakarta: Departemen. Pendidikan dan Kebudayaan Direktorat Jenderal Pendidika

Surya, M. (2003). Psikologi pembelajaran dan pengajaran. Jakarta: Mahaputra

Suryabrata, S. (2003). Psikologi pendidikan. Jakarta: Raja Grafindo Persada

Tarigan, HG. (2005).Membaca sebgai suatu keterampilan berbahasa, Bandung : Angkasa

Tarigan, HG. (2008). Menulis sebagai suatu keterampilan berbahasa. Bandung : Angkasa

Tampubolon, (2001), Mengembangkan Minat dan Kebiasaan Membaca Pada Anak, Bandung : Angkasa

Wiedarti, P. (2005). Menuju budaya menulis, suatu bunga rampai. Yogyakarta. Tiara Wacana.

Wiryodijoyo, Suwaryo. (2001). Membaca: strategi, pengantar, dan tekniknya, Yogyakarta : Aksara

Yamin, M. (2006), Kiat membelajarkan siswa, Jakarta : Gaung Persada Press




DOI: https://doi.org/10.30998/senndika.v1i1.7371

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2024 SENNDIKA: Prosiding Seminar Nasional Pendidikan



(Pascasarjana) Universitas Indraprasta PGRI

Kampus A Building 2, 3nd Floor | Jl. Nangka No. 58 C (TB. Simatupang), Kel. Tanjung Barat, Kec. Jagakarsa, Jakarta Selatan 12530, Jakarta, Indonesia. 

Tlp. (021) 78835283