Kecerdasan Emosional dan Kedisiplinan Belajar terhadap Prestasi Belajar Ilmu Pengetahuan Sosial

Shinta Sari, Sunar Wahid, Sumaryati Sumaryati

Abstract


Kecerdasan Emosional dan Kedisiplinan Belajar Terhadap Prestasi belajar Ilmu Pengetahuan Sosial. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh Kecerdasan Emosional dan Kedisiplinan Belajar siswa terhadap Prestasi belajar Ilmu Pengetahuan Sosial siswa SMP Negeri di Jakarta Timur. Penelitian ini dengan menggunakan metode survei, dengan populasi siswa kelas VIII SMP Negeri di Jakarta Timur, dan melalui teknik sampling acak proporsional diperoleh sampel sebanyak 80 orang. Teknik analisis regresi linear digunakan untuk analisis data dengan menggunakan program aplikasi SPSS. Berdasarkan hasil hipotesis dan analisa data dapat disimpulkan sebagai berikut : 1). Terdapat pengaruh yang signifikan Kecerdasan Emosional dan Kedisiplinan secara bersama-sama terhadap Prestasi Belajar IPS siswa SMP Negeri di Jakarta Timur. Hal ini dibuktikan dengan nilai dan Sig. 0,000 < 0,05 dan Fhitung = 36,255, 2). Terdapat pengaruh yang signifikan Kecerdasan Emosional terhadap Prestasi Belajar IPS siswa SMP Negeri di Jakarta Timur. Hal ini dibuktikan dengan nilai Sig. 0,005 < 0,05 dan t_hitung = 2,894 , 3). Terdapat pengaruh yang signifikan Kedisiplinan terhadap Prestasi Belajar IPS siswa SMP Negeri di Jakarta Timur. Hal ini dibuktikan dengan nilai Sig. 0,006 < 0,05 dan t_hitung = 2,836.


Keywords


Kecerdasan Emosional; Kedisiplinan Belajar; Prestasi belajar Ilmu Pengetahuan Sosial

Full Text:

PDF

References


Agustian, A. G. (2017). Rahasia Sukses Membangun Kecerdasan Emosi dan Spiritual ESQ: Emotional Spiritual Quotient berdasarkan 6 Rukun Iman dan 5 Rukun Islam. Jakarta: Arga Publishing.

Arikunto, Suharsimi. (2013). Prosedur Penelitian: Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: Rineka Cipta.

Darmadi, Hamid. (2020). Kemampuan Dasar Mengajar. Bandung: Alfabeta.

Daryanto. (2022). Model Pembelajaran Inovatif. Yogyakarta: Gava Media.

Departemen Pendidikan Nasional. (2008). Kamus Besar Bahasa Indonesia Pusat Bahasa. Jakarta: PT Gramedia Pustaka.

Djaali, (2014). Psikologi Pendidikan. Jakarta: PT Bumi Aksara

Djamarah, Syaiful Bahri . (2014). Strategi Belajar Mengajar. Jakarta: Rineka Cipta.

Fathurrohman, Muhammad Dan Sulistyorini. (2017) Belajar Dan Pembelajaran. Yogyakarta: Teras

Goleman, Daniel. (2015). Emotional Intelligence. Jakarta: PT Gramedia Pustaka Utama.

Haryanto, D. (2020). Pembelajaran di Sekolah. Jakarta: Prestasi Pustaka

Hasan, M. Iqbal. (2015). Pokok-Pokok Materi Metodologi Penelitian dan Aplikasinya. Bogor; Ghalia Indonesia.

Jihad, Asep., & Abdul, Haris. (2013). Evaluasi Pembelajaran. Yogyakarta: Multi Pressindo.

Margono. (2013). Metodologi Penelitian Pendidikan. Jakarta: Rineka Cipta.

Mulyasa. (2013). Kurikulum Berbasis Kompetensi: Konsep, Karakteristik, Dan Implementasi. Jakarta: Remaja Rosdakarya

Neolaka, Amos. (2014). Metode Penelitian dan Statistik. Bandung.Remaja Rosdakarya.

Rahman. (2014). Meningkatkan Kemampuan Pemahaman Dan Kemampuan Generalisasi Matematik Siswa SMA Melalui Pembelajaran Berbalik. Bandung : Thesis UPI.

Saleng, Zainal Abidin. (2021). Kecerdasan Emosional, Profesionalisme Guru, dan Prestasi Belajar Siswa. Jakarta : Media Nusa Creative.

Sardiman. (2014). Interaksi dan Kedisiplinan Mengajar. Jakarta: Raja Grafindo Persada.

Singarimbun, Masri. (2018). Metode Penelitian Survei, Jakarta: LP3ES

Slameto. (2013). Belajar Dan Faktor yang Mempengaruhi. Jakarta: PT Rineka cipta,

Sobri, Muhammad. (2020). Kontribusi Kemandirian dan Kedisiplinan Terhadap Hasil Belajar. Jakarta : Spasi Media.

Sudjana, Nana. (2019). Dasar-dasar proses belajar mengajar. Badung: Sinar Baru.

Sugiyono. (2015). Metode Penelitian Kombinasi (Mix Methods). Bandung: Alfabeta.

Syah, Muhibbin. (2014). Psikologi Belajar. Jakarta: LogoS

Supardi. (2013) Aplikasi Statistika dalam Penelitian Konsep Statistika yang Lebih Komprehensif. Jakarta: Change Publication.

Tu’u, Tulus. (2014). Peran Disiplin pada Perilaku dan Prestasi Belajar. Jakarta: Grasindo

Usman, H. (2015). Metodologi Penelitian Sosial. Jakarta: Bumi Aksara.




DOI: https://doi.org/10.30998/senndika.v1i1.8097

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2025 Shinta Sari, Sunar Wahid, Sumaryati Sumaryati

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-NoDerivatives 4.0 International License.

____________________________________________________________________________________________________________________________________________________

(Pascasarjana) Universitas Indraprasta PGRI

Kampus A Building 2, 3nd Floor | Jl. Nangka No. 58 C (TB. Simatupang), Kel. Tanjung Barat, Kec. Jagakarsa, Jakarta Selatan 12530, Jakarta, Indonesia. 

Tlp. (021) 78835283

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.