Perhatian Orang Tua dan Persepsi Siswa atas Kompetensi Pedagogik Guru terhadap Prestasi Belajar PKn pada Siswa SMP Negeri Indramayu

Shofan Marsus, Sunar Abdul Wahid, Sumaryati Sumaryati

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Pengaruh Perhatian Orang Tua dan Persepsi Siswa atas Kompetensi Pedagogik Guru terhadap Prestasi Belajar Pkn siswa di SMP Negeri di Indramayu baik secara parsial maupun simultan. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan teknik analisis regresi linier berganda. Data dikumpulkan nilai ulangan tengah semester untuk mengukur prestasi belajar Pkn dan kuesioner untuk mengukur perhatian orang tua dan persepsi siswa atas kompetensi pedagogik guru. Jumlah sampel dalam penelitian ini adalah 87 siswa. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa : 1) terdapat pengaruh signifikan Perhatian Orang Tua dan Persepsi Siswa atas Kompetensi Pedagogik Guru secara bersama-sama terhadap Prestasi Belajar Pkn. Dibuktikan Fhitung = 36,696 lebih besar dari Ftabel = 2,37 dengan taraf signifikansi 0,000. 2) Terdapat pengaruh yang signifikan Perhatian Orang Tua terhadap Prestasi Belajar Pkn. Dibuktikan dengan nilai thitung = 5,187 > ttabel (1,29) pada taraf signifikansi 0,000. 3) terdapat pengaruh yang signifikan Persepsi Siswa atas Kompetensi Pedagogik Guru terhadap Prestasi Belajar Pkn. Dibuktikan dengan nilai thitung = 2,879 > ttabel (1,29) pada taraf signifikansi 0,005. Hasil penelitian ini menunjukkan pentingnya peran orang tua dan guru secara simultan dapat meningkatkan prestasi belajar siswa.


Keywords


Parental Attention; Pedagogic Cempetence; Learning Achievement.

Full Text:

PDF

References


Arifudin, & dkk. (2020). Hubungan Perhatian Orang Tua Terhadap Hasil Belajar Kognitif Siswa. Jurnal Pendagogi dan Pembelajaran, 122-125.

Arikunto, S. (2020). Prosedur Penelitian. Jakarta: Rineka CIpta.

Budiningsih. (2012). Belajar dan Pembelajaran. Jakarta: Rineka Cipta.

Faisal, S. (2010). Penelitian Bisinis Paradigna Kuantitatif. Jakarta: Raja Grafinfo.

Febriana, R. (2019). Kompetensi Guru. Jakarta: Bumi Aksara.

Ghozali, I. (2013). Aplikasi Analisis Multivariate SPSS. Semarang: Badan Penerbit Dipornegoro.

Hafidz, A. (2018). Prestasi Belajar Siswa yang Bekerja Sebagai Tukang Semik di Kota Bukit Tinggi. Jurnal As-Salam, 15.

Harimurti, R., Ekohariadi, & dkk. (2017). Faktor-faktor Yang Mempengaruhi Prestasi Belajar siswa SMK pada Kompetensi Keahlian Teknik Komputer dan Jaringan. Seminar Nasional Pendidikan Vokasi, 1-2.

Kemendikbud, R. (2019). Laporan Hasil Ujian Nasional. Jakarta: Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia.

Mardapi, D., & dkk. (2015). Menentukkan Kriteria Ketuntasan Minimal Berbasis Peserta Didik. Jurnal Penelitian dan Pendidikan, ISSN: 2338-6062, 39-45.

Nawawi. (2021). Pengaruh Perhatian Orang Tua Terhadap Prestasi Belajar SMPN 3 Simepnan 2019. Jurnal Pendidikan Kewarganegaraan, 53-55.

Ocktaviani, N. (2015). Hubungan Antara Disiplin dan Motivasi Belajar dengan Prestasi Belajar Mata Pelajaran Pkn Siswa Mts Se-Kecamatan Lohbener Indramayu. Universitas Negeri Yogyakarta, 3-6.

Prabandari, E. (2017). Modul Diklat Keahlian Ganda Pemanfaatan Hasil Penilaian. Jakarta: Kementrian Pendidikan Republik Indonesia.

Salsabila, A., & Puspitasari. (2020). Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Prestasi Belajar Siswa Sekolah Dasar. Pandawa : Jurnal Pendidikan dan Dakwah, 184-186.

Sekaran, U. (2011). Research Method for Business Edisi 1 dan 2. Jakarta: Karya Salemba Empat.

Sugiyono. (2016). Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kualitatif, Kuantitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Sugiyono. (2018). Metode Penelitian Kombinasi. Bandung: CV Alfabeta.

Supratini, E., Rohaetin, S., & Oktobery, R. (2018). Upaya Peningkatan Prestasi Belajar IPS Terpadu Melalui Pendekatan Komunitas Belajar di Kelas VIII SMP Paranggean Tahun Ajaran 2016/2017. Jurnal FKIP Universitas Palangka Raya, 186-187.

Warsah, I., & Daheri, M. (2021). Psikologi : Suatu Pengantar. Yogyakarta: Tunas Gemilang Press.

Wastika, I. G. (2016). Prestasi Belajar IPS Siswa SMP dalam Lingkungan Belajar Inkuiri Berbantuan Lembar Kerja Siswa. Jurnal Tunas Bangsa; ISSN 2355-0066, 164-165.




DOI: https://doi.org/10.30998/senndika.v1i1.8098

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2025 Shofan Marsus, Sunar Abdul Wahid, Sumaryati Sumaryati

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-NoDerivatives 4.0 International License.

____________________________________________________________________________________________________________________________________________________

(Pascasarjana) Universitas Indraprasta PGRI

Kampus A Building 2, 3nd Floor | Jl. Nangka No. 58 C (TB. Simatupang), Kel. Tanjung Barat, Kec. Jagakarsa, Jakarta Selatan 12530, Jakarta, Indonesia. 

Tlp. (021) 78835283

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.