Motivasi Belajar Terhadap Kemandirian Belajar dan Kemampuan Pengetahuan Kewarganegaraan Peserta Didik SMK Swasta di Kecamatan Cengkareng Kota Jakarta Barat
Abstract
Pendidikan merupakan faktor utama dalam pembentukan pribadi manusia. Hal ini merupakan sesuatu terpadu dari segenap pelaksana pendidikan guna mencapai tujuan yang telah ditetapkan yaitu tujuan pendidikan nasional. Tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui: 1) Pengaruh motivasi belajar dan kemandirian belajar terhadap kemampuan pengetahuan kewarganegaraan SMK swasta di Kecamatan Cengkareng. 2) Pengaruh motivasi belajar terhadap kemampuan pengetahuan kewarganegaraan SMK swasta di Kecamatan Cengkareng. 3) Pengaruh kemandirian belajar terhadap kemampuan pengetahuan kewarganegaraan SMK swasta di Kecamatan Cengkareng Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode survei dengan Teknik korelasional regresi linier berganda dengan jumlah sampel 91 peserta didik. Hasil penelitian menunjukkan: 1) Terdapat pengaruh yang signifikan motivasi belajar dan kemandirian belajar terhadap kemampuan pengetahuan kewarganegaraan SMK swasta di Kecamatan Cengkareng. Hal ini dibuktikan dengan perolehan nilai Sig = 0,000 < 0,05 dan Fhitung = 212,223. 2) Terdapat pengaruh yang signifikan motivasi belajar terhadap kemampuan pengetahuan kewarganegaraan SMK swasta di Kecamatan Cengkareng. Hal ini dibuktikan dengan perolehan nilai Sig = 0,000 < 0,05 dan thitung = 5,570. 3) Terdapat pengaruh yang signifikan kemandirian belajar terhadap kemampuan pengetahuan kewarganegaraan SMK swasta di Kecamatan Cengkareng.. Hal ini dibuktikan dengan perolehan nilai Sig = 0,000 < 0,05 dan thitung 8,175.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Anggraini, D., & Supeni, S. (2017). Korelasi Civic Knowledge Dalam PPKN Dengan Kesadaran Hukum Berlalu Lintas Pada Siswa Kelas X SMA Muhammadiyah 2 Gemolong Tahun Pelajaran 2016/2017. Jurnal Global Citizen: Jurnal Ilmiah Kajian Pendidikan Kewarganegaraan, 4(2). 11-12
Azwar, S. (2013). Metode Penelitian (Edisi Ke-1). Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
Badan Pengembangan dan Pembinaan Bahasa, Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi Republik Indonesia (2016) Kamus Besar Bahasa Indonesia Daring dalam https://kbbi.kemdikbud.go.id/
Badan Pusat Statistik Jakarta, (2022). Banyaknya Kelurahan yang Mengalami Perkelahrian Massal disebabkan Keramaian (PODES) 2019-2020. Jakarta : Badan Pusat Stastistik.
________________________, (2022). Desa/Kelurahan yang Menjadi Lokasi Perkelahian Massal Pelajar Nasional 2021. Jakarta : Badan Pusat Stastistik
________________________, (2023). Jumlah Penduduk Jakarta Barat Menurut Kewarganegaraan (Jiwa) 2019-2022. Jakarta : Badan Pusat Stastistik
Cahyana, U., Supatmi, S., & Rahmawati, Y. (2019). The Influence of Web-Based Learning and Learning Independence toward Student's Scientific Literacy in Chemistry Course. International Journal of Instruction, 12(4), 655-668
Kilic, A. (2010). Learner-centered micro teaching in teacher education. International Journal of Instruction, 3(1). 79-100
Lin, M. H., Chen, H. C., & Liu, K. S. (2017). A study of the effects of digital learning on learning motivation and learning outcome. Eurasia Journal of Mathematics, Science and Technology Education, 13(7), 3553-3564.
Mulyaningsih, I. E. (2014). Pengaruh interaksi sosial keluarga, motivasi belajar, dan kemandirian belajar terhadap prestasi belajar. Jurnal pendidikan dan kebudayaan, 20(4), 441-451.
Sugiyono, S. (2018). Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kualitatif, Kuantitatif dan R & D. Alfabeta, Bandung.
Suharsimi, A. (2006). Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: Rineka Cipta
Undang – Undang Nomor 20 Tahun 2003 Tentang Sistem Pendidikan Nasional
Widodo (2021). Metodologi Penelitian Populer & Praktis. Depok: Rajawali Pers.
DOI: https://doi.org/10.30998/senndika.v1i1.8099
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2025 Siswoko Siswoko, Sugeng Santoso, Widodo Widodo

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-NoDerivatives 4.0 International License.
____________________________________________________________________________________________________________________________________________________
(Pascasarjana) Universitas Indraprasta PGRI
Kampus A Building 2, 3nd Floor | Jl. Nangka No. 58 C (TB. Simatupang), Kel. Tanjung Barat, Kec. Jagakarsa, Jakarta Selatan 12530, Jakarta, Indonesia.
Tlp. (021) 78835283
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.