Persepsi Gaya Belajar dan Motivasi Belajar terhadap Prestasi Belajar Ekonomi

Siti Ubahiyah, Hasbullah Hasbullah, Mariasi Mariasi

Abstract


Tujuan penelitian untuk mengetahui : 1) Pengaruh persepsi atas gaya belajar  dan motivasi belajar secara bersama-sama terhadap prestasi belajar Ekonomi siswa SMA Swasta di Kabupaten Bogor. 2) Pengaruh persepsi atas gaya belajar terhadap prestasi belajar Ekonomi siswa SMA Swasta di Kabupaten Bogor. 3) Pengaruh motivasi belajar terhadap prestasi belajar Ekonomi siswa SMA Swasta di Kabupaten Bogor. Metode yang digunakan dalam penelitian adalah survey dengan menggunakan teknik analisis korelasional dan regresi linier berganda. dengan sampel berjumlah 90 siswa. Hasil penelitian menunjukkan 1) Terdapat pengaruh yang signifikan persepsi atas gaya belajar dan motivasi belajar secara bersama-sama terhadap prestasi belajar Ekonomi siswa SMA Swasta di Kabupaten Bogor. Hal ini dibuktikan dengan perolehan nilai Sig. = 0,000 < 0,05 dan Fhitung = 14,1535. 2) Terdapat pengaruh yang signifikan persepsi atas gaya belajar belajar terhadap prestasi belajar Ekonomi siswa SMA Swasta di Kabupaten Bogor. Hal ini dibuktikan dengan perolehan nilai Sig. = 0,007 < 0,05 dan thitung = 2,783. 3) Terdapat pengaruh yang signifikan motivasi belajar terhadap prestasi belajar Ekonomi siswa SMA Swasta di Kabupaten Bogor. Hal ini dibuktikan dengan perolehasn nilai Sig. = 0,000 < 0,05 dan thitung = 4.579.

Keywords


Pengaruh; Persepsi; Gaya belajar; Motivasi; Prestasi Belajar; Ekonomi

Full Text:

PDF

References


Ahmadi, A. (2004). Psikologi Belajar. Jakarta: Rineka Cipta

Ahmadi, A. (2009). Psikologi Sosial, Jakarta: Reneka Cifta

Arifin. Z. (2011). Evaluasi Instruksional: Prinsip-Teknik-Prosedur, Bandung: Remaja Rosdakarya, 2011

Arikunto, S. (2008). Dasar-dasar Evaluasi Pendidikan, Jakarta: Bumi Aksara.

Bire, dkk. (2014). Pengaruh Gaya belajar Visual, Auditorial dan Kinestetik Terhadap Prestasi belajar Siswa, Jurnal Pendidikan, Vol.44

Bobbi De Porte. Mike Hernacki. (2013). Quantum Leraning: Kebiasaan Belajar Nyaman dan Menyenagkan, Bandung, Mizan Media Utama

Bungin, B. (2006). Sosiologi Komunikasi, Jakarta: PT Kencana Prameda Media Grup.

Darmadi. (2017). Pengembangan Metode Pembelajaran Dalam Dinamika Belajar Siswa.Jakarta : Reneka Cipta

Dimyati., & Mudjiono. (2012). Belajar dan Pembelajaran, Jakarta: Rineka Cipta

Hamzah, B. U. (2017). Model Pembelajaran, Jakarta: PT Bumi Aksara.

Hidayah, N., & Hermansyah, F. (2017). “Hubungan antara Motivasi Belajar dan Kemampuan Membaca Pemahaman Siswa Kelas V Madrasah Ibtidaiyah Negeri 2 Bandar Lampung Tahun 2016/2017”. Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Dasar, Volume. 3 No. 2,

Hidjajahto, D. (2011). Dasar dasar Penyiaran, Jakarta: Kencana

Jalaluddin, R. (2011) Psikologi Komunikasi, Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Kamisa. (1997). Kamus Lengkap Bahasa Indonesia, Surabaya: Kartika.

Kholid, I. (2017). “Motivasi dalam Pembelajaran Bahasa Asing”, Jurnal Tadris, vol 10 No. 1

Kompri, (2016). Motivasi Pembelajaran Perspektif Guru Dan Siswa, Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Mahmud, A. (2017). Economic Education Analysis Jurnal: Pengaruh Gaya Belajar dan Pola asuh Orang tua Terhadap Prestasi dan Motivasi Sebagai Variabel Intervening Vol. 6. No.2

Moniarti, R. (2021). Esiklopedia Ekonomi. PT. multi kreasi satu delapan

Muhibbinsyah. (2010). Psikologi Pendidikan. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.

Mulyana, D. (2015). Ilmu komunikasi, Bandung: PT Rosda Karya Offset

Parera, A. (2020). Pengantar Ilmu Ekonomi, Yogyakarta: Bumi Aksara

Priatna Andri. (2013). Pahami Gaya Belajar Anak, Jakarta: Kompas Gramedia

Rahmawati T. dan Daryanto. (2015). Teori Belajar dna Proses Pembelajaran Yang Mendidik, Yogyakarta: Gava Media

Saleh, A. R. (2004). Psikologi Satu Pengantar dalam perfektif Islam, Jakarta: Kenbana

Sanjaya, W. (2010). Strategi Pembelajaran Berorientasi Standar Proses Pendidikan. Jakart:aPrenada Media Group

Sardiman, A. M. (2011). Interaksi dan Motivasi Belajar Mengajar, Jakarta: Rajawali Pers

Sarlito, W. S. (2004). Pengantar Psikologi Umum, Yokyakarta: Andi Affset

Slameto. (2010). Belajar dan Faktor-Faktor yang Mempengaruhinya, Jakarta: Rineka Cipta

Sudjana, N. (2011). Dasar-Dasar Proses Belajar Mengajar,Bandung: Sinar Baru Algensindo.

Sumanto. (2014.). Psikologi Umum Yogyakarta: CAPS.

Tohirin. (2006). Psikologi Pembelajaran pendidikan Agama Islam, Jakarta: PT Raja Grapindo Persada.

Tulus Tu’u. (2004). Peran Disiplin Pada Prilaku Dan Prestasi siswa, Gtasindo.




DOI: https://doi.org/10.30998/senndika.v1i1.8100

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2025 Siti Ubahiyah, Hasbullah Hasbullah, Mariasi Mariasi

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-NoDerivatives 4.0 International License.

____________________________________________________________________________________________________________________________________________________

(Pascasarjana) Universitas Indraprasta PGRI

Kampus A Building 2, 3nd Floor | Jl. Nangka No. 58 C (TB. Simatupang), Kel. Tanjung Barat, Kec. Jagakarsa, Jakarta Selatan 12530, Jakarta, Indonesia. 

Tlp. (021) 78835283

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.