Pengaruh Pergaulan Teman Sebaya dan Disiplin Siswa terhadap Prestasi Belajar Ilmu Pengetahuan Sosial (Survei pada SMP Negeri di Kota Bekasi)

Siti Windyarti, Taufik Taufik, Hendro Prasetyono

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: (1) pengaruh pergaulan teman sebaya dan disiplin siswa secara bersama-sama terhadap prestasi belajar ilmu pengetahuan sosial. (2) pengaruh pergaulan teman sebaya terhadap prestasi belajar ilmu pengetahuan sosial. (3) pengaruh disiplin siswa terhadap prestasi belajar ilmu pengetahuan sosial. Metode penelitian menggunakan metode survei dengan analisis korelasi dan regresi, dan pengambilan sampel dilakukan melalui pendekatan kuantitatif, pengumpulan data dilakukan dengan kuisioner, angket yang diisi responden. Setelah diadakan penelitian dan analisis data dapat ditarik kesimpulan sebagai berikut: (1) terdapat pengaruh pergaulan teman sebaya dan disiplin siswa secara bersama-sama terhadap prestasi belajar ilmu pengetahuan sosial. Hal ini dibuktikan dengan nilai sig. 0,000 < 0,05 dan Fhitung sebesar 15,302. (2) terdapat pengaruh pergaulan teman sebaya terhadap prestasi belajar ilmu pengetahuan sosial. Hal ini dibuktikan dengan nilai sig. 0,002 < 0,05 dan thitung sebesar 3,183. (3) terdapat pengaruh disiplin siswa terhadap prestasi belajar ilmu pengetahuan sosial. Hal ini dibuktikan dengan nilai sig. 0,001 < 0,05 dan thitung sebesar 3,284.

Keywords


Pergaulan Teman Sebaya; Disiplin Siswa; Prestasi Belajar IPS

Full Text:

PDF

References


Anggraini. D. (2010). Peran Disiplin Belajar Terhadap Prestasi Belajar. Skripsi UIN SUSKA.

Arifin, Z. (2013). Prestasi Belajar.

Arikunto, S. (2011). Menejemen Pengajaran Secara Manusiawi. Jakarta: PT. Rineka Cipta.

Arikunto, S. (2015). Dasar-Dasar Evaluasi Pendidikan. Jakarta: Bumi aksara.

Arikunto, S. (2016). Menejemen Penelitian. Jakarta: PT. Rineka Cipta.

Arikunto, S. (2016). Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: PT. Rineka Cipta.

Astuti, D. I. A. (2016). Pengaruh Pergaulan Kelompok Sebaya dan Motivasi Belajar Terhadap Prestasi Belajar Akuntansi Siswa Kelas XI IPS SMA Negeri 1 Parakan. Skripsi Universitas Negeri Semarang.

Danim, S. (2013). Perkembangan Peserta didik. Bandung: Alfabeta.

Desmita. (2017). Psikologi Perkembangan Peserta Didik. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Dias, A. R. (2015). Pengaruh Teman Sebaya, Lingkungan Keluarga dan Motivasi BelajarTerhadap Disipin Belajar Akuntansi Siswa Kelas XI Akuntansi SMK Gatra Praja Pekalongan. Skripsi UNS.

Djamarah, S. B. (2008). Rahasia Sukses Belajar. Jakarta: PT. Asdi Mahasatya.

Ekawarna. (2011). Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta: Gaung Persada

Fitriyah, F. (2014). Pengaruh disiplin belajar dan lingkungan sekolah terhadap hasil belajar siswa mata pelajaran sosiologi kelas X SMA Negeri 9 Malang. Skripsi UIN Malang

Furqon, K. A. (2016). Pengaruh Kedisiplinan dan Motivasi Siswa Terhadap Hasil Belajar Mata Pelajaran IPS Kelas X, XI, XII Teknik Komputer dan Jaringan SMK Hayam Wuruk Singosari Malang. Skripsi Jurusan Ilmu Penegtahuan Sosial UIN Malang.

Hasan. I. (2017). Pokok-Pokok Materi Statistik 1. Jakarta. PT. Bumi Aksara

Hurlock, E. B. (2013). Perkembangan Anak. Jakarta: Erlangga

Noor. J. (2017). Metodologi Penelitian. Jakarta: Kencana

Nugroho, R. S. (2028). Pengaruh Kompetensi Guru dan Lingkungan Teman Sebaya terhadap Prestasi Belajar Siswa. Jurnal PenelitianPendidikan Paedagogia, 21 (1), 3

Poerwadarminta. (2006). Kamus Umum Bahasa Indonesia. Jakarta: Balai Pustaka.

Praseryo, B., & Jannah, L. M. (2016). Metode Penelitian Kuantitatif. Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada

Purwanto, D. V. (2016). Pengaruh Kedisiplinan dan Kreativitas Guru Terhadap Hasil Belajar Mata Pelajaran IPS Kelas VIII SMP Negeri 1 Kanigoro-Blitar. Skripsi UIN

Purwanto, M. N. (2014). Prinsip-prinsip dan teknik evaluasi pengaajaran. Bandung: Remaja Rosdakarya

Riduwan. (2013). Skala Pengukuran Variabel-Variabel. Bandung: Alfabeta

Roestiyah. (2012). Strategi Belajar Mengajar. Jakarta: Rineka cipta.

Saefullah. (2014). Psikologi Perkembangan dan Pendidikan. Bandung: Pustaka Setia.

Santrock, J. W. (2011). Perkembangan Anak. Jakarta: Salemba Humanika

Saraswati, A. D., & Purnami, A. S. (2017). Pengaruh Fasilitas Belajar, Perhatian Orang Tua dan Lingkungan Teman Sebaya terhadap Prestasi Belajar Matematika Siswa Kelas VIII SMP Negeri Se-Kecamatan Plered Bantul. Prosiding Seminar Nasional Etnomatnesia, hlm 155

Sarjono, H. (2011). SPSS vs Lisel. Jakarta: Salemba Empat

Slameto. (2013). Belajar dan Faktor-Faktor yang Mempengaruhinya. Jakarta: Rineka Cipta.

Sugiyono . (2019). Statistika untuk Penelitian. Bandung: Alfabeta

Susetyo, B. (2017). Statistika Untuk Analisis Data Penelitian. Bandung: Refika Aditama

Syah, M. (2014). Psikologi belajar. Jakarta: Raja Grafindo Persada

Tu’u, T. (2004). Peran Disiplin Pada Perilaku dan Prestasi Siswa. Jakarta: Gramedia Widya Sarana Indonesia

Undang-undang no. 20 tahun 2003 tentang tujuan Pendidikan Nasional bab II pasal 3

Wijaya, C., & Tabrani, R. (1994). Kemampuan Guru dalam Proses Belajar Mengajar. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya




DOI: https://doi.org/10.30998/senndika.v1i1.8101

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2025 Siti Windyarti, Taufik Taufik, Hendro Prasetyono

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-NoDerivatives 4.0 International License.

____________________________________________________________________________________________________________________________________________________

(Pascasarjana) Universitas Indraprasta PGRI

Kampus A Building 2, 3nd Floor | Jl. Nangka No. 58 C (TB. Simatupang), Kel. Tanjung Barat, Kec. Jagakarsa, Jakarta Selatan 12530, Jakarta, Indonesia. 

Tlp. (021) 78835283

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.