Analisis Model Monitoring dan Evaluasi Kepala Sekolah terhadap Pencapaian Mutu Sekolah

Yunita Zana

Abstract


Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui model monitoring dan evaluasi yang diterapkan dalam mencapai mutu sekolah, serta cara penerapannya secara kreatif. Metode yang digunakan adalah studi kasus dengan populasi kepala SMA Negeri di Jakarta Timur, khususnya kepala SMA Negeri 44 Jakarta dan SMA Negeri 22 Jakarta. Teknik pengumpulan data meliputi observasi, wawancara, dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan: 1) Monitoring dilakukan melalui tiga tahapan: observasi, wawancara, dan FGD, yang terbukti meningkatkan kinerja guru sesuai dengan rapor pendidikan mutu sekolah. 2) Evaluasi dilakukan berdasarkan hasil monitoring untuk menilai ketercapaian mutu sekolah dan mengidentifikasi kendala yang dihadapi. Hasil evaluasi digunakan untuk inovasi dan perbaikan program monitoring serta evaluasi guna meningkatkan kualitas sekolah secara berkelanjutan. 3) Tindak lanjut difokuskan pada perbaikan pembelajaran, layanan kelembagaan, dan pengelolaan SDM sesuai kebijakan pemerintah, yang memberikan dampak positif terhadap peningkatan kinerja guru dan mutu lembaga

Keywords


Monitoring, Evaluasi; Kepala Sekolah; Mutu Sekolah; Sekolah Menengah Atas

Full Text:

PDF

References


Abror, A. R. (1993). Psikologi Pendidikan. Yogyakarta: PT. Tiara kencana.

Abu. (2003). Psikologi Umum. Jakarta: PT. Rineka Cipta Azwar.

Adimiharja,

Arikunto, S. (2009). Evaluasi Program Pendidikan: Pedoman Teoretis Praktis.

Bahri, S. (2014). Saiful Bahri, Supervisi Akademik... V, 100–112.

Bell, S. (2010). Project-Based Learning for the 21st Century: Skills for the Future. The Clearing House: A Journal of Educational Strategies, Issues and Ideas.

Bogdan, R. C., & Biklen, S. K. (2007). Qualitative Research for Education: An Introduction to Theories and Methods.

Denzin, N. K., & Lincoln, Y. S. (2009). Handbook of Qualitative Research.

Fathurrohman, M., & Sulistyorini. (2018). Belajar dan Pembelajaran: Meningkatkan Mutu Pembelajaran Sesuai Standar Nasional. Jakarta: Kalimedia.

Hariyati, C. D. A. A. C. A. N. (2020). Implementasi Supervisi Akademik Dalam Meningkatkan Profesionalisme Guru. Jurnal Inspirasi Manajemen Pendidikan, Volume 08, 506–516. Jakarta: Bumi Aksara

Jubaedah, D. M. (2021). Pelaksanaan Supervisi pendidikan dalam peningkatan profesionalisme guru di man 2 pangandaran. 1(9), 156–164. https://doi.org/10.21831/foundasia.v1i9.5871

Khoirul, A. (2013). Supervisi Pendidikan Antara Formalis dan Esensial. Jurnal Manajemen Pendidikan Islam, 4, 12–26.

Lestari, A. (2020). Pelaksanaan Monitoring dan Evaluasi (Monev) Terhadap Kinerja Guru di SMAN 16 Gowa. Seminar Nasional Hubisintek. Universitas Islam Makassar. https://ojs.udb.ac.id/index.php/HUBISINTEK/article/view/977

Mardhiah, A., & Yusrizal, N. U. (2016). Peningkatan Profesionalitas Guru melalui Supervisi Akademik. Warta Dharmawangsa, 4(50), 1–11.

Messi, W. & Anggita, M. (2018). Pelaksanaan Supervisi Akademik pengawas Sekolah

Moerdiyanto. (2009). Teknik monitoring dan evaluasi (monev) dalam rangka memperoleh informasi untuk pengambilan keputusan manajemen. Yogyakarta.

Muslimin, I. (2023). Meningkatkan Profesionalisme Guru Dengan Model, Pendekatan, dan Teknik Supervisi Pendidikan, 33–49.

Nehtry. (2016). Pengembangan Model Supervisi Akademik Teknik Mentoring Bagi Pembinaan Kompetensi Pedagogik Guru Kelas. Jurnal Manajemen Pendidikan Volume: 3, No. 1, Januari-Juni 2016, Halaman: 30-48.

Nurohiman, N. N. (2016). Supervisi Akademik oleh Kepala Sekolah dalam Meningkatkan Kinerja Guru. Manajer Pendidikan, 10(6).

Perdana, A. L. (2020). Pelaksanaan Monitoring dan Evaluasi (Monev) Terhadap Kinerja Guru di SMAN 16 Gowa. Seminar Nasional Hubisintek 2020. https://ojs.udb.ac.id/index.php/HUBISINTEK/article/view/977.

Prihono, H. (2014). Model Supervisi Akademik Berbasis Evaluasi Diri Melalui MGMP Sekolah Untuk Meningkatkan Kompetensi Pedagogik Guru SMK di Kabupaten Wonogiri. Educational Management. 3 (2).

Putra, L. V. (2020). Supervisi Akademik Berbasis Monitoring dan Evaluasi Bagi Pembinaan Pedagogik Guru. Jurnal Ilmu Pendidikan(JIP), 1(2). https://jurnal- lp2m.umnaw.ac.id/index.php/JIP/article/view/572.

Riwana, P. P. (2017). Kepala Sekolah Terhadap Kinerja Guru. Oleh : Presti Putri Riwana. Supervisi Pendidikan, 3.

Sagala. (2010). Supervisi Pembelajaran dalam Profesi Pendidikan. Bandung: Alfabeta.

Sahmad, S. (2019). Sistem Monitoring dan Evaluasi Kegiatan Belajar Mengajar (E-Monev Kbm) Berbasis Web. Jinteks, 1(2). http://jurnal.uts.ac.id/index.php/JINTEKS/article/view/423/331.

Sari, A. D. R. (2022). Peran Supervisi Pendidikan dalam Meningkatkan Mutu Pendidikan. Journal of Administration and Educational Management (ALIGNMENT), 5(2), 842–850. https://doi.org/10.31539/alignment .v4i2.2571

Sudjana, N. (2012). Supervisi Pendidikan. Bekasi : Bina-mitra-Publishing.

Sugiyono, S. (2013). Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Suharman. (2016). Model Supervisi Berdasarkan Pendekatan Modern (Pendekatan Kelompok). Intelektualita, 4(2),101–118. https://jurnal. arraniry. ac.id/index.php/intel/article/download/4139/2697

Tampubolon, L. R. R. U. (2014). Manajemen Kinerja Sumber Daya Manusia. Yogyakarta : Andi Offset.

Triwiyanto, T. (2015). Pelaksanaan monitoring, evaluasi, dan pelaporan untuk penilaian kinerja manajerial kepala sekolah. Jurnal Cakrawala Pendidikan, 34(1).

Zulfikar, Fiqy. (2018). Model Pembelajaran Studi Kasus Untuk Meningkatkan Pengetahuan Siswa dan Respon Siswa. Surakarta: Universitas Sebelas Maret Surakarta.

Suwartini, E. A. (2017). Supervisi Akademik Kepala Sekolah, Profesionalisme Guru Dan Mutu Pendidikan. Jurnal Administrasi Pendidikan, 24(2), 62–70.

Tya, M. (2020). Supervisi Kepala Sekolah Dalam Peningkatan Profesionalisme Guru Di SMAN 2 Meulaboh Aceh Barat. 21(1), 1–9. http://journal.umsurabaya.ac.id/index.php/JKM/article/view/2203

Zubair, A. (2017). “Manajemen Peningkatan Kinerja Guru (Man Kab. Bengkulu Selatan)”. Jurnal Manajer Pendidikan, 11(4), 304-311.

https://ejournal.unib.ac.id/index.php/manajerpendidikan/article/view/12913/7256.




DOI: https://doi.org/10.30998/senndika.v1i1.8105

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2025 Yunita Zana

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-NoDerivatives 4.0 International License.

____________________________________________________________________________________________________________________________________________________

(Pascasarjana) Universitas Indraprasta PGRI

Kampus A Building 2, 3nd Floor | Jl. Nangka No. 58 C (TB. Simatupang), Kel. Tanjung Barat, Kec. Jagakarsa, Jakarta Selatan 12530, Jakarta, Indonesia. 

Tlp. (021) 78835283

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.