Analisis Model Monitoring dan Evaluasi Kepala Sekolah terhadap Pencapaian Mutu Sekolah
Abstract
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Abror, A. R. (1993). Psikologi Pendidikan. Yogyakarta: PT. Tiara kencana.
Abu. (2003). Psikologi Umum. Jakarta: PT. Rineka Cipta Azwar.
Adimiharja,
Arikunto, S. (2009). Evaluasi Program Pendidikan: Pedoman Teoretis Praktis.
Bahri, S. (2014). Saiful Bahri, Supervisi Akademik... V, 100–112.
Bell, S. (2010). Project-Based Learning for the 21st Century: Skills for the Future. The Clearing House: A Journal of Educational Strategies, Issues and Ideas.
Bogdan, R. C., & Biklen, S. K. (2007). Qualitative Research for Education: An Introduction to Theories and Methods.
Denzin, N. K., & Lincoln, Y. S. (2009). Handbook of Qualitative Research.
Fathurrohman, M., & Sulistyorini. (2018). Belajar dan Pembelajaran: Meningkatkan Mutu Pembelajaran Sesuai Standar Nasional. Jakarta: Kalimedia.
Hariyati, C. D. A. A. C. A. N. (2020). Implementasi Supervisi Akademik Dalam Meningkatkan Profesionalisme Guru. Jurnal Inspirasi Manajemen Pendidikan, Volume 08, 506–516. Jakarta: Bumi Aksara
Jubaedah, D. M. (2021). Pelaksanaan Supervisi pendidikan dalam peningkatan profesionalisme guru di man 2 pangandaran. 1(9), 156–164. https://doi.org/10.21831/foundasia.v1i9.5871
Khoirul, A. (2013). Supervisi Pendidikan Antara Formalis dan Esensial. Jurnal Manajemen Pendidikan Islam, 4, 12–26.
Lestari, A. (2020). Pelaksanaan Monitoring dan Evaluasi (Monev) Terhadap Kinerja Guru di SMAN 16 Gowa. Seminar Nasional Hubisintek. Universitas Islam Makassar. https://ojs.udb.ac.id/index.php/HUBISINTEK/article/view/977
Mardhiah, A., & Yusrizal, N. U. (2016). Peningkatan Profesionalitas Guru melalui Supervisi Akademik. Warta Dharmawangsa, 4(50), 1–11.
Messi, W. & Anggita, M. (2018). Pelaksanaan Supervisi Akademik pengawas Sekolah
Moerdiyanto. (2009). Teknik monitoring dan evaluasi (monev) dalam rangka memperoleh informasi untuk pengambilan keputusan manajemen. Yogyakarta.
Muslimin, I. (2023). Meningkatkan Profesionalisme Guru Dengan Model, Pendekatan, dan Teknik Supervisi Pendidikan, 33–49.
Nehtry. (2016). Pengembangan Model Supervisi Akademik Teknik Mentoring Bagi Pembinaan Kompetensi Pedagogik Guru Kelas. Jurnal Manajemen Pendidikan Volume: 3, No. 1, Januari-Juni 2016, Halaman: 30-48.
Nurohiman, N. N. (2016). Supervisi Akademik oleh Kepala Sekolah dalam Meningkatkan Kinerja Guru. Manajer Pendidikan, 10(6).
Perdana, A. L. (2020). Pelaksanaan Monitoring dan Evaluasi (Monev) Terhadap Kinerja Guru di SMAN 16 Gowa. Seminar Nasional Hubisintek 2020. https://ojs.udb.ac.id/index.php/HUBISINTEK/article/view/977.
Prihono, H. (2014). Model Supervisi Akademik Berbasis Evaluasi Diri Melalui MGMP Sekolah Untuk Meningkatkan Kompetensi Pedagogik Guru SMK di Kabupaten Wonogiri. Educational Management. 3 (2).
Putra, L. V. (2020). Supervisi Akademik Berbasis Monitoring dan Evaluasi Bagi Pembinaan Pedagogik Guru. Jurnal Ilmu Pendidikan(JIP), 1(2). https://jurnal- lp2m.umnaw.ac.id/index.php/JIP/article/view/572.
Riwana, P. P. (2017). Kepala Sekolah Terhadap Kinerja Guru. Oleh : Presti Putri Riwana. Supervisi Pendidikan, 3.
Sagala. (2010). Supervisi Pembelajaran dalam Profesi Pendidikan. Bandung: Alfabeta.
Sahmad, S. (2019). Sistem Monitoring dan Evaluasi Kegiatan Belajar Mengajar (E-Monev Kbm) Berbasis Web. Jinteks, 1(2). http://jurnal.uts.ac.id/index.php/JINTEKS/article/view/423/331.
Sari, A. D. R. (2022). Peran Supervisi Pendidikan dalam Meningkatkan Mutu Pendidikan. Journal of Administration and Educational Management (ALIGNMENT), 5(2), 842–850. https://doi.org/10.31539/alignment .v4i2.2571
Sudjana, N. (2012). Supervisi Pendidikan. Bekasi : Bina-mitra-Publishing.
Sugiyono, S. (2013). Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta.
Suharman. (2016). Model Supervisi Berdasarkan Pendekatan Modern (Pendekatan Kelompok). Intelektualita, 4(2),101–118. https://jurnal. arraniry. ac.id/index.php/intel/article/download/4139/2697
Tampubolon, L. R. R. U. (2014). Manajemen Kinerja Sumber Daya Manusia. Yogyakarta : Andi Offset.
Triwiyanto, T. (2015). Pelaksanaan monitoring, evaluasi, dan pelaporan untuk penilaian kinerja manajerial kepala sekolah. Jurnal Cakrawala Pendidikan, 34(1).
Zulfikar, Fiqy. (2018). Model Pembelajaran Studi Kasus Untuk Meningkatkan Pengetahuan Siswa dan Respon Siswa. Surakarta: Universitas Sebelas Maret Surakarta.
Suwartini, E. A. (2017). Supervisi Akademik Kepala Sekolah, Profesionalisme Guru Dan Mutu Pendidikan. Jurnal Administrasi Pendidikan, 24(2), 62–70.
Tya, M. (2020). Supervisi Kepala Sekolah Dalam Peningkatan Profesionalisme Guru Di SMAN 2 Meulaboh Aceh Barat. 21(1), 1–9. http://journal.umsurabaya.ac.id/index.php/JKM/article/view/2203
Zubair, A. (2017). “Manajemen Peningkatan Kinerja Guru (Man Kab. Bengkulu Selatan)”. Jurnal Manajer Pendidikan, 11(4), 304-311.
https://ejournal.unib.ac.id/index.php/manajerpendidikan/article/view/12913/7256.
DOI: https://doi.org/10.30998/senndika.v1i1.8105
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2025 Yunita Zana

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-NoDerivatives 4.0 International License.
____________________________________________________________________________________________________________________________________________________
(Pascasarjana) Universitas Indraprasta PGRI
Kampus A Building 2, 3nd Floor | Jl. Nangka No. 58 C (TB. Simatupang), Kel. Tanjung Barat, Kec. Jagakarsa, Jakarta Selatan 12530, Jakarta, Indonesia.
Tlp. (021) 78835283
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.