Perspektif Gender dan Nilai Pendidikan Karakter Tokoh Utama dalam Novel Suti Karya Sapardi Djoko Damono

Putri Puspita Isnihati, Mamik Suendarti

Abstract


Tujuan penelitian untuk mengetahui: 1) Perspektif Gender Tokoh Utama Dalam Novel Suti Karya Sapardi Djoko Damono. 2) Nilai Pendidikan Karakter Tokoh Utama Dalam Novel Suti Karya Sapardi Djoko Damono. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah kualitatif dengan pendekatan struktural. Hasil penelitian disimpulkan: 1) Perspektif gender tokoh utama dalam novel Suti karya Sapardi Djoko Damono meliputi kesetaraan gender yaitu peran perempuan di masyarakat 30%, peran perempuan di pendidikan 20%, peran perempuan di pekerjaan 20%, dan ketidakadilan gender yaitu subordinasi perempuan 10%, marginalisasi perempuan 10%, dan stereotip perempuan 10%.  2) Nilai pendidikan karakter tokoh utama dalam novel Suti karya Sapardi Djoko Damono meliputi nilai pendidikan karakter yang berhubungan dengan Tuhan ada 7%, nilai pendidikan karakter yang berhubungan dengan diri sendiri ada 43%, nilai pendidikan karakter yang berhubungan dengan sesama ada 36% dan nilai pendidikan karakter yang berhubungan dengan lingkungan ada 14%.

Keywords


Perspektif Gender; Pendidikan Karakter; Novel Suti Karya Sapardi Djoko Damono



DOI: https://doi.org/10.30998/senndika.v1i1.8111

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2025 Putri Puspita Isnihati, Mamik Suendarti

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-NoDerivatives 4.0 International License.

____________________________________________________________________________________________________________________________________________________

(Pascasarjana) Universitas Indraprasta PGRI

Kampus A Building 2, 3nd Floor | Jl. Nangka No. 58 C (TB. Simatupang), Kel. Tanjung Barat, Kec. Jagakarsa, Jakarta Selatan 12530, Jakarta, Indonesia. 

Tlp. (021) 78835283

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.