Pengaruh Perhatian Orang Tua dan Motivasi Belajar terhadap Prestasi Belajar Bahasa Indonesia
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk menemukan : 1) pengaruh perhatian orang tua dan motivasi belajar secara bersama-sama terhadap prestasi belajar bahasa indonesia pada siswa SMP Negeri di Jakarta Timur. 2) pengaruh perhatian orang tua terhadap prestasi belajar bahasa Indonesia pada siswa SMP Negeri di Jakarta Timur. 3) Pengaruh motivasi belajar terhadap prestasi belajar bahasa Indonesia pada siswa SMP negeri di Jakarta Timur. Sampel yang digunakan 60 siswa dengan teknik proporsional random sampling g. statistik yang digunakan adalah regresi linier berganda. Kesimpulan hasil penelitian : 1) terdapat pengaruh yang signifikan perhatian orang tua dan motivasi belajar secara bersama-sama terhadap prestasi belajar bahasa indonesia pada siswa SMP Negeri di Jakarta Timur. Hal ini dibuktikan dengan sig= 0,000<0,05 dan F hitung = 43,562. 2) terdapat pengaruh signifikan pengaruh perhatian orang tua terhadap prestasi belajar bahasa Indonesia pada siswa SMP Negeri di Jakarta Timur. Hal ini dibuktikan dengan sig=0,01<0,05 dan t hitung = 3,208. 3) terdapat pengaruh signifikan motivasi belajar terhadap prestasi belajar bahasa Indonesia pada siswa SMP Negeri di Jakarta Timur. Hal ini dibuktikan dengan sig=0,02 < 0,05 dan t hitung = 3,594.
Keywords
DOI: https://doi.org/10.30998/senndika.v1i1.8115
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2025 Siti Komariyah, Mamik Suendarti, Dendy Sugono

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-NoDerivatives 4.0 International License.
____________________________________________________________________________________________________________________________________________________
(Pascasarjana) Universitas Indraprasta PGRI
Kampus A Building 2, 3nd Floor | Jl. Nangka No. 58 C (TB. Simatupang), Kel. Tanjung Barat, Kec. Jagakarsa, Jakarta Selatan 12530, Jakarta, Indonesia.
Tlp. (021) 78835283
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.