PENGARUH MINAT DAN KEMANDIRIAN BELAJAR TERHADAP PRESTASI BELAJAR BAHASA INGGRIS
Abstract
Key Words: Interest to learn, independence of learning, English learning achievement.
References
References
Crow, dan Crow, L. 2008. Psikologi Belajar. Surabaya. Bina Ilmu.
Ali, M. & Asrori, M. 2006. Psikologi Remaja, Perkembangan Peserta Didik. Jakarta: Bumi Aksara.
Arikunto, Suharsimi. 2007. Dasar-dasar Evaluasi Pendidikan, Jakarta: Bumi Aksara.
Badudu, J.S. 1990. Kamus Umum Bahasa Indonesia, Jakarta: Pustaka Sinar Harapan.
Chaplin, J.P. 2001. Kamus Lengkap Paikologi. Jakarta: Grafindo.
Dakir, H. 2010. Perencanaan dan Pengembangan Kurikulum. Jakarta: Rineka Cipta.
Darwiyansyah, dkk. 2009. Strategi Belajar Mengajar. Jakarta: Diadit Media.
Departemen Pendidikan Nasional. 2002. Kamus Besar Bahasa Indonesia. Jakarta: Balai Pustaka.
Djamarah, Syaiful Bahri. 2006. Strategi Belajar Mengajar. Jakarta: Rineka Cipta.
Dimyati&Mudjiono. 2006. Belajar dan Pembelajaran. Jakarta: Rineka Cipta.
Gea, Antonius Atosakhi, dkk. 2003. Character Building 1 Relasi dengan Diri Sendiri (edisi revisi). Jakarta: PT. Elex Media Komputindo.
Gie, The Liang. 1984. Cara Belajar yang Efisien. Yogyakarta: Pusat Kemajuan Studi.
Mulyasa, E. 2003. Kurikilulum Berbasis Kompetensi. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.
Nurhayati, Eti. 2011. Psikologi Pendidikan Inovatif, Yogyakarta: Pustaka Pelajar
Hamalik, Oemar. 1988. Media Pendidikan. Bandung: PT. Citra Aditya Bakti.
Hudoyo, Herman. 1988. Strategi Mengajar Bahasa Inggris. Malang: IKIP Malang.
Nashar. 2004. Peranan Motivasi Dan Kemampuan Awal Dalam Kegiatan Pembelajaran. Jakarta: Delia Press.
Nasution, S. 2008. Berbagai Pendekatan dalam Proses Belajar & Mengajar. Jakarta : PT. Bumi Aksara.
Pidarto, Made. 2001. Perencanaan Pendidikan Partisipatori Dengan Pendekatan Sistem. Jakarta : Depdikbud Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi.
Poerwadarminta. 2006. Kamus Besar Bahasa Indonesia. Jakarta: Balai Pustaka.
Purwanto, Ngalim. 2007. Ilmu Pendidikan Teoretis dan Praktis, Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.
Purwanto, Ngalim. 2009. Psikologi Pendidikan, Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.
Russefendi. 1980. Pengantar Bahasa. Bandung: Tarsito.
Safari. 2004. Penulisan Butir Soal Berdasarkan Penilaian Berbasis Kompetensi. Depdiknas, Jakarta.
Slameto. 2003. Belajar dan Faktor-faktor yang Mempengaruhinya. Jakarta: Rineka Cipta.
Sardiman, AM. 1992. Interaksi dan Motivasi Belajar Mengajar. Jakarta: Rajawali Press.
Sobur, Alex. 2003. Psikologi Umum. Bandung: Pustaka Media.
Sudjana, Nana. 2009. Penilaian Hasil Proses Belajar Mengajar, Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.
Sugiyono. 2010. Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.
Syah, Muhibbin. 1997. Psikologi Pendidikan dengan Pendekatan Baru. Bandung: Remaja Rosdakarya.
UU No. 20 Tahun 2003. Tentang Sistem Pendidikan Nasional. Pasal 4 : 7.
Witherington, H.C. 1978. Psikologi Pendidikan. Jakarta: Aksara Baru
WS. Winkel. 2000. Psikologi Pendidikan dan Evaluasi Belajar, Jakarta: Gramedia.
WS. Winkel & M.M Sri Hastuti. 2005. Bimbingan dan Konseling di Institusi Pendidikan, Yogyakarta: Media Abdi.
Wood Worth, RS & D.G. Marquis. 1997. Psychology. New
DOI: https://doi.org/10.30998/senndika.v2i1.8490
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2025 Ulia Rahmah, Oom Syamsudin

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-NoDerivatives 4.0 International License.
____________________________________________________________________________________________________________________________________________________
(Pascasarjana) Universitas Indraprasta PGRI
Kampus A Building 2, 3nd Floor | Jl. Nangka No. 58 C (TB. Simatupang), Kel. Tanjung Barat, Kec. Jagakarsa, Jakarta Selatan 12530, Jakarta, Indonesia.
Tlp. (021) 78835283
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.